ANALISIS MODEL PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SMA N 1 MALANG

Moh Wahyu Kurniawan, Rini Setiyowati

Abstract


Perkembangan pendidikan abad 21 tidak hanya menitikberatkan pada pembangunan kemampuan intelektual melainkan juga pada pembangunan karakter. Ketercapaian nilai-nilai pendidikan karakter dalam pendidikan nasional merupakan tanggung jawab bersama dan sebuah cita-cita luhur bangsa. Keterlibatan banyak pihak dalam mendukung keberhasilan tersebut merupakan sebuah kebutuhan. Dalam hal ini, pemerintah sebagai penentu arah kebijakan tidak bisa berjalan sendiri tanpa peran sekolah dan guru sebagai pelaksana kebijakan di tingkat akar rumput. Guru sebagai tenaga profesional memiliki peran sentral dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis pada penguatan nilai karakter mengingat guru memiliki tugas utama antara lain sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan pengarah bagi siswa. Dalam hal ini, guru berperan sebagai role model penguatan nilai karakter di sekolah. Penguatan pendidikan karakter di lingkungan sekolah dapat diintegrasikan dalam  beberapa  pendekatan,  salah  satunya  ialah  kegiatan  proses  belajar mengajar  pada  setiap  mata  pelajaran. 


Keywords


Karakter, Moral, Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka cipta.

Asri, Budiningsih. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karateristik Siswa dan Budaya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Budimansyah, Dasim. 2010. Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press

Bugin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: raja Garafindo Persada

Hamidi, 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.

Kartadinata, Sunaryo. 2010. Mencari Bentuk Pendidikan Karakter Bangsa. http://file.upi. edu/ Direktori/ A-Fip/Jur. Psokologi Dan Bimbingan/ 195003211974121-Sunaryo Kartadinata/pdf. (online) diakses tanggal 30 Oktober 2013

Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Mariati, Purnama.dkk. 2010. Peranan Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembentukan Karakter Calon Guru. Bandung: Widya Aksara Press

Moleng, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulhan, Najib. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter: Sinergi antara Sekolah dan Rumah dalam Membentuk Karakter Anak. Surabaya: PT. Temprina Media Grafika

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Gede, Raka I. 2007. Pendidikan Untuk Mambangun Karakter. FTI Institut Teknologi Bandung. Bandung

Ubaedillah, A, dkk.2008. Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta:ICCE UIN Syarif Hidayatullah

Rahmad. 2010. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa (Nation and Character Building). Bandung: Laboratoriun Pendidikan Kewarganegraan FPIPS UPI.

Wiyono, Suko.dkk, 2012. Implementasi Model Pembelajaran Berkarakter Bangsa. Malang: Universitas Wisnuwardana Malang Press

Zuriah, Nurul. 2009. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v32i2.29973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats