Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Pada Murid Kelas V SD Islam Athirah 2 Makassar

Ilham Mais Muhammad Nawir Hidayah Quraisy

Abstract


Pendidikan karakter yang kian merosot, hal tesebut dapat terlihat dari banyaknya penyimpangan seperti tindak korupsi, perusakan lingkungan hidup, tindak kriminal,  perilaku melanggar aturan, ditambah rendahnya disiplin waktu dan perilaku tidak bertanggungjawab. Sehingga, pembentukan karakter berbasis keteladanan menjadi penting  untuk dilaksanakan khususnya pada murid, sebagai dasar membangun peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembentukan karakter berbasis keteladanan pada murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi partisipant, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan karakter berbasis keteladanan pada murid kelas V SD Islam Athirah 2 Makassar terbagi menjadi dua, yaitu : Keteladanan secara sengaja, yang terdiri dari: disiplin hadir tepat waktu, bertanggungjawab, peduli lingkungan dengan dan peduli sosial. Keteladanan secara tidak sengaja, yang terdiri dari: keteladanan guru mengaplikasikan teknologi pembelajaran mutakhir, sopan dan santun.

 


Keywords


karakter, keteladanan, murid

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. “Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter†(pasal 1).

Ramli, T. 2003. Pendidikan Moral dalam Keluarga. Grasindo; Jakarta.

Moleong, Lexy J.1996. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Rosda Karya.

Nasution, S. 1996. Metode Research:Penelitian Ilmiah. (Jakarta: Bumi Karsa.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rieneka Cipta.

Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pohan, Rusdin. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rijal Institut dan Lanarka Publisher.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaitf, Kualitaitf dan R&B. Bandung:PT Alfabet.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press.

Muhajir. 2021. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siri’ na Pacce melalui Strategi Inkuiri pada Pembelajaran PPKn SMA. https://journal.unnes.ac.id/. Vol 32 No.1

Sofan. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Nasirudin. 2009. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail Media Group.

Puspita, Fulan. 2015. “Pembentukan Karakter Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan(Studi Atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri I Yogyakartaâ€. Tesis. UIN Sunan Kalijaga.

Prasetyo, D. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. https://journal.unnes.ac.id/. Vol 4 No 1 (2019).

Suwaid, Muhammad. 2006. Mendidik Anak Bersama Nabi. Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Syahiddin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung: CV ALVABETA.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v32i2.30319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats