Eksistensi Perempuan Pesisir dalam Relasi Gender di Bidang Sosial dan Ekonomi

Sri Puji Astuti(1), Asep Rudi Casmana(2),


(1) 
(2) Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan mengenai eksistensi perempuan pesisir dalam relasi gender di bidang sosial dan ekonomi dengan melihat aktivitas dan interaksi kehidupan perempuan Tegalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan terhadap aktivitas perempuan pesisir yang tinggal di Kecamatan Tegalsari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data primer. Hasil penelitian menunjukkan  : 1) Aktivitas perempuan pesisir dalam bidang sosial dan ekonomi merupakan sebuah perwujudan eksistensi di dalam masyarakat, dimana perempuan mampu mengatur dirinya dan mampu membawa perubahan dalam berbagai bidang; 2) Bentuk aktivitas perempuan dalam menjaga eksistensinya di masyarakat diantaranya, perempuan pesisir aktif dalam kegiatan paguyuban, pengajian dan menjadi ketua RT/RW adapun di bidang ekonomi perempuan pesisir di Tegalsari membangkitkan perekonomian lokal dengan mengolah sumber daya kelautan. Riset ini merekomendasi, perempuan pesisir Tegalsari semakin memberanikan diri untuk menunjukkan jati dirinya, partisipasi pada pembangunan. Perlu adanya penguatan terhadap perempuan pesisir di masyarakat agar adanya keadilan gender untuk akses dan kesempatan yang sama.

 

Keywords

Eksistensi; Perempuan Pesisir; Sosial dan Ekonomi

Full Text:

PDF

References

Aryati, A. (2018). Memahami Manusia Melalui Dimensi Filsafat. El-Afkar, 7(11), 80-94.

Basrowi, M. (2019). Masyarakat Pesisir. Semarang: Mutiara Aksara.

Beauvoir, S. d. (2016). The Second Sex. Yogyakarta: Narasi.

Butarbutar, D. N., Sintani, L., & Harinie, L. (2020). Pemingkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Pemberdayaan Perempuan. Journal of Environment and Mangement, 1(1), 31-39.

Djunaidah, I. S., & Nurmalia, N. (2018). Peran Produktif Wanita Pesisir Dalam Menunjang Usaha Perikanan Di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 13(2), 229-237.

Hidayati, N. (2015). Beban Ganda Perempuan Bekerja (Antara Domestik dan Publik). Muwazah, 7(2), 108-119.

Mamma, B. B. (2020). Pengaruh Feminisme Terhadap Kehidupan Perempuan Pesisir Di Kota Makasar. Ilmiah Ecosystem, 20(3), 333-338.

Masruro, U., Fahmi, A. M., & Munir, S. (2021). Peran Perempuan Masa Kini dalam Implementasi Nilai Pancasila sebagai Penguat Kesejahteraan Ekonimi dan Sosial. Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (pp. 116-124). Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, A. M. (2017). Masnuah, Pejuang Hak-Hak Perempuan Nelayan. Perempuan, 22(2), 10-20.

Wahyudi, A. (2019). Peran Emansipasitoris Perempuan Pesisir (Isteri Nelayan Sebagai Ujung Tombak Ekonomi). Journal of Social and Islamic Culture. doi:https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19105/karsa.v19i2.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats