IMPLEMENTASI PENILAIAN RANAH AFEKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR

Rabiatul Adawiah, Darmiyati Darmiyati, Akhmad Riyan Efendi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ranah afektif siswa dengan menggunakan model Discovery Learning kombinasi Teams Games Tournament dan Examples Non Examples. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitan dilakukan terhadap siswa kelas IV semester genap SDN 1 Palam Banjarbaru tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 19 orang.  Data dikumpulkan  melalui  teknik observasi. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama hasil penilaian sikap siswa adalah : 26% sangat baik, 42% baik, 16% cukup baik dan 16% perlu bimbingan. Pada siklus kedua, 37% sangat baik, 42% baik, 11,5% cukup baik dan 11,5% perlu bimbingan. Pada siklus ketiga, 42% sangat baik, 47% baik, 11% cukup baik dan tidak ada siswa yang memiliki kriteria sikap yang kurang baik. Pada pertemuan ketiga tidak ditemukan  siswa  yang menunjukkan sikap tidak baik (perlu bimbingan) Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan Discovery Learning kombinasi Teams Games Tournament dan Examples Non Examples terbukti dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Discovery Learning, Teams Games Tournament, Examples Non Examples

Full Text:

PDF

References


Amar, N., Najib, A., & Febryanti, F. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 168-173).

Asniwati, & Abdurrahim. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Materi Sifat-Sifat Kesebangunan dan Simetri Melalui Kombinasi Team Assisted Individualization dengan Teams Games Tournament dan Demonstration di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin. Jurnal Paradigma 11 (1), 16.

Burke, J. (2020). Primary School leaders’ concerns about reopening schools after the COVID-19 closure. Maynooth University, Maynooth Burke, J & Dempsey, M (2020). COVID-19 practice in primary schools in Ireland. Maynooth University, Dublin. http://mural.maynoothuniversity.ie/12796/

Chapman, J.W. (1988). Learning Disabled Children's Self-Concept. Review of Educational Research, 58(3), 347-371

Darmiyati & Fahrisa, N. (2020). Implementasi Model Student Facilitator And Explaining Kombinasi Snowbal Trowing dan Teams Games Tournament Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, Vol. 5 No. 1.

Devitt, A., Bray, A., Banks, J., & Ni Chorcora, E. (2020). Teaching and learning during school closures: Lessons Learned. Irish second-level teacher perspective. Trinity, Dublin. https://www.tcd.ie/Education/research/covid19/teaching-and-learning-resources/

Gomes, M., Hirata, G., & Oliveira, J. (2020). Student composition in the PISA assessments: Evidence from Brazil. International Journal of Educational Development, 79

Hall, T., Connolly, C., O'Gradaigh, S., Burden, K., Kearney, M., Schuck, S.,... Kosmas, P. (2020). Education in precarious times: a comparative study across six countries to identify design priorities for mobile learning in a pandemic. International Learning Sciences. Advance online publication. http://dx.doi.org/10.1108/ILS-04- 2020-0089.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Maghfiroh, N. W. (2018). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Al Ghazwah, 2(2), 207–226.

Mullis, I.V.S., et al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: Lynch School of Education.

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). 2013. PISA 2012 Results in Focus. Tersedia di www.oecd.org/pisa

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 76-81.

Schwab, Klaus. 2016. The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: World Economic Forum

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Wilujeng, S. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model teams games tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1).

Yensy, Nurul Astuty (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Dengan Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMPN 1 Argamakmur. Exacta, 10 (1). Pp. 21-35

Zakaria, E., Chin, L. C., & Daud, M. Y. (2010). The effects of cooperative learning on students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics. Journal of social sciences, 6(2), 272-275.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.32137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats