Internasionalisasi Kapasitas Mahasiswa sebagai Upaya Penguatan Prestasi dan Rekognisi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Tutik Wijayanti, Maman Rachman, Ruhadi Ruhadi, Muhammad Andi Kurniawan, Hendri Irawan, Niken Diah Paramita, Dwi Hermawan

Abstract


Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai Perguruan Tinggi Negeri mempunyai visi besar menjadi kampus berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Seiring dengan tuntutan internasionalisasi, perlu adanya loncatan akselerasi baik oleh mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan. Melalui optimalisasi pelayanan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan standardisasi internasional guna memenuhi tantangan pencapaian prestasi dan rekognisi dalam pengembangan kapasitas diri capacity building melalui Pendidikan non-formal. Capacity building bagi mahasiswa merupakan serangkaian pola pembinaan yang berkelanjutan guna mengarahkan mahasiswa pada potensi terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi minat dan bakat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES; menganalisis peran mahasiswa dalam internasionalisasi kapasitas mahasiswa sebagai upaya penguatan prestasi dan rekognisi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES; dan mengembangkan model pendampingan melalui penddikan non formal sebagai upaya internasionalisasi kapasitas mahasiswa dalam penguatan prestasi dan rekognisi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Dalam Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Research and Development (RnD) yang terbagi dari tiga kerangka besar. Pertama, tahapan studi pendahuluan. Kedua, tahapan pengembangan dan validasi. Ketiga, tahapan uji coba dan validasi. Adapun hasil dari penelitian ini dengan memberikan serangkaian pola pembinaan yang berkelanjutan dalam mengarahkan mahasiswa pada potensi terbaiknya sebagai upaya mewujudkan visi besar UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.


Keywords


Internasionalisasi; Pendampingan Mahasiswa; Pengembangan Kapasitas; Prestasi; Rekognisi.

Full Text:

PDF

References


Borg, W and Gall, M. (2003). Educational Researc: An introduction 7th edition. New York: Longman Inc.

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non-formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 199-207. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504

Khabibah, Siti, (2006). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningatkan Kreativitas Peserta didik Sekolah Dasar: Disertasi. Program Pasca Sarjana UNESA.

Oviawe, J. I., Uwameiye, R., & Uddin, P. S. (2017). Best practices in Technical Education programme for students’ capacity building and sustainable development in the 21st century. Journal of Technical Education and Training, 9(2), 37

Prawiyogi, A.G and Toyibah, R.A, (2020). Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Model Sertifikasi Kompetensi.Jurnal Abdi Jurnal,Vol I. No.1.

Srinivas, H., (2019). Urban capacity building. In: The Global Development Research Center. Urban Environment Management, http://www.gdrc.org/uem/capacity.html

Suranto, S. (2019). Manajemen Mutu dalam Pendidikan (TQM in Education). Surakarta: Mediatama, 51.

Soeprapto, R. (2010). The capacity building for local government toward good governance. World Bank. 67.

Suryabrata, S., (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 154.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Thantawy R, (2004). Karakteristik Budaya Belajar Mahasiswa Yang Berprestasi Unggul. Jurnal Ilmu Pendidikan Parameter, No.18 Tahun XXI, Januari,

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Winkel. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia, 107.

Wibowo. 2008. Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.32431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats