Diversifikasi Kurikulum Satuan Pendidikan dalam Perspektif Hubungan Pemerintahan Pusat dan Daerah

Apriyanti Wulandari(1), Sujatmiko Sujatmiko(2), Noorman Priowicaksono(3), Maria Listiyanti(4), Relisa Relisa(5), Agustinus Sugeng Priyanto(6),


(1) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(2) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(3) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(4) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(5) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(6) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji kebijakan pusat dan daerah dalam pengelolaan kurikulum di satuan pendidikan, serta efektifitas implementasinya dalam pengelolaan satuan pendidikan untuk menunjang pencapaian pendidikan nasional dan prioritas pembangunan di daerah.  Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Focus Grup Disscusion (FGD), kuestioner, dan kajian data sekunder.  Hasil penelitian mnunjukkan, bahwa kebijakan pendidikan nasional belum dapat diterjemahkan dalam konteks daerah dan satuan pendidikan.  Sehingga praktik pendidikan belum dijalankan dengan memperhatikan kekhasan di satuan pendidikan dan prioritas pembangunan daerah. Temuan ini mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam menjabarkan kebijakan pendidikan nasional terutama diversifikasi kurikulum di daerah.  Pemerintah Daerah sebagai pengambil kebijakan pendidikan daerah perlu menentukan arah kebijakan pembangunan pendidikan sebagai bagian dari prioritas pembangunan di daerah sesuai dengan kekhasan lokal yang menjadi unggulan dalam rangka menerjemahkan kebijakan pendidikan pusat di daerah.

Keywords

Kebijakan pusat dan daerah, diversifikasi kurikulum.

Full Text:

PDF

References

Bandur, A. (2012). School-based management developments: Challenges and impacts. Journal of Educational Administration, 50(6), 845–873. https://doi.org/10.1108/09578231211264711

Chang, W. (2020). 鄉村小學食農教育課程發展之行動研究. (June 2016).

Gove_What is education for? (n.d.). Retrieved from https://www.thersa.org/globalassets/pdfs/blogs/gove-speech-to-rsa.pdf

Gunung, J., Raya, S., & Pusat, J. (2015). Curriculum Diversification in the Framework of. 21, 317–338.

Kridel, C. (2012). Journal of Curriculum Studies. Encyclopedia of Curriculum Studies. https://doi.org/10.4135/9781412958806.n275

Listiyanti, M. (2019). Menimbang Pendekatan Pembangunan Manusia Dalam Merancang Kurikulum. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 125–138. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i2.17867

No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. (2005). 53(9), 1689–1699.

Novelli, M., & Sayed, Y. (2016). Teachers as agents of sustainable peace, social cohesion and development: Theory, practice & evidence. Education as Change, 20(3), 15–37. https://doi.org/10.17159/1947-9417/2016/1486

Pazos, C. S. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Analysis of Micro-Earthquakes in the San Gabriel Mountains Foothills Region and the Greater Pomona Area As Recorded By a Temporary Seismic Deployment, 1(hal 140), 43. Retrieved from http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.

Tan, C. (2016). Teacher agency and school-based curriculum in China’s non-elite schools. Journal of Educational Change, 17(3), 287–302. https://doi.org/10.1007/s10833-016-9274-8

Uyar, M. Y., & Doğanay, A. (2018). A school-based curriculum development for the teaching principles and methods course. Croatian Journal of Education, 20(2), 621–672. https://doi.org/10.15516/cje.v20i2.2736

Joesoef, Daoed. (2014). Studi Strategi: Logika Ketahanan dan Pembangunan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). (2018). Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019: Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2019). Model Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Diversifikasi Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2019). Naskah Konsep Penelitian Diversifikasi Kurikulum Satuan Pendidikan: antara Kebutuhan dan Kesenjangan Koordinasi Pusat dan Daerah. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2019). Desain Penelitian Diversifikasi Kurikulum Satuan Pendidikan: antara Kebutuhan dan Kesenjangan Koordinasi Pusat dan Daerah. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2016). Naskah Konsep Dasar Penelitian Profil Lulusan Pendidikan Dasar terhadap Pembangunan Manusia dalam rangka Pengembangan Kebijakan Kurikulum Masa Depan. Jakarta: Puskurbuk.

Pusat Penelitian Kebijakan. (2014). Kajian Efektifitas Desentralisasi Pendidikan. (Peran Pemerintah Daerah dan Pihak-pihak yang Berkepentingan/Stakeholders dalam Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Puslitjak, Balitbang Kemdikbud.

Suryadi, Ace. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025, Outlook: Permasalahan, Tantangan & Alternatif Kebijakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

SMPN 4 Kupang. (2019). Kurikulum SMPN 4 Kupang.

SMP Kristen Tunas Bangsa Kuprang. (2019). Kurikulum SMP Kristen Tunas Bangsa Kuprang.

SDN 001 Balikpapan Utara. (2019). Kurikulum SDN 001 Balikpapan Utara.

SMPN 14 Balikpapan. (2019). Kurikulum SMPN 14 Balikpapan.

SMAN 2 Balikpapan. (2019). Kurikulum SMAN 2 Balikpapan.

SMKN 2 Balikpapan. (2019). Kurikulum SMKN 2 Balikpapan.

SDN 3 Panderejo. (2019). Kurikulum SDN 3 Panderejo.

SDN 4 Pangajuran. (2019). Kurikulum SDN 4 Pangajurane.

SMPN 1 Banyuwangi. (2019). Kurikulum SMPN 1 Banyuwangi.

SDN 2 Rawa Laut. (2019). Kurikulum SDN 2 Rawa Laut.

SDN 1 Kupang Raya. (2019) Kurikulum SDN 1 Kupang Raya.

SDN 1 Tanjung Senang. (2019). Kurikulum SDN 1 Tanjung Senang.

SMPN 33 Bandar Lampung. (2019). Kurikulum SMPN 33 Bandar Lampung.

SMPN 1 Bandar Lampung. (2019). Kurikulum SMPN 1 Bandar Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats