Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Sticky Note Pada Materi Stoikiometri

Salsabila Indi Primanda(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Saat ini diketahui bahwa sebagian siswa SMA kesusahan mempelajari kimia salah satunya dikarenakan konsep kimia yang bersifat abstrak. Hal ini menyebabkan konsep kimia tersebut menjadi konsep yang sulit bagi siswa yang terjadi secara terus-menerus sehingga dapat mengakibatkan siswa mengalami kesalahan konsep. Cara yang bisa dilakukan guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Gagasan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media sticky note untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa. Sticky note ini dirancang menjadi jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, serta warna-warna pada sticky note disesuaikan dengan konsep dan kaitan antar konsep pada materi Stoikiometri,. Lapisan perekat yang dapat dengan mudah dilekatkan dan dilepaskan ini memudahkan siswa untuk menghubungkan antar keterkaitan konsep stoikiometri. Dengan demikian kombinasi antara pembelajaran TGT dilengkapi sticky note diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar atau prestasi belajar siswa.

Keywords

Pembelajaran Kooperatif; Stoikiometri; Teams Games Tournament

Full Text:

PDF

References

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gaya Media

Desstya, A., Haryono, & Saputro, S. (2012). Pembelajaran Kimia Dengan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3): 177-182.

Choiriyah, M., & Mualif, H. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 5(2): 784-789.

Kartikasari, Y., Nurhayati, N.D., & Redjeki, T. (2013). Studi Komparasi Pembelajaran dengan Metode TGT dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Kelas X SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4): 118-126.

Pujiati, K., Syafangah, I.A., Harjito, & Kusumo, E. (2015). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Siswa. Chemistry in Education, 4(2): 35-41.

Purbosari, P.M., Ashadi, & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Animasi Berbasis Flash dan Video Interaktif Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Kreatifitas. Jurnal Inkuiri, 2(3): 225-268.

Purnomosari, D., Sukardjo, J.S., & Martini, K.S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dilengkapi Kartu Destinasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2): 59-66.

Sa’idun, F.M.A., Supartono, & Latifah. (2012). Pengaruh Model Cooperative Class Experiment (CCE) Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada KBK dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2): 1020-1028.

Supartono, Wijayati,N., & Sari, A.H. (2009). Kajian Prestasi Belajar Siswa SMA Dengan Metode Student Teams Achievement Divisions Melalui Pendekatan Chemo-Entrepreunership. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1): 337-344.

Widodo, A.T., Sunarto, W., & Afiatun, H. (2011). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kimia Kelas XI SMA N 1 Tengaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 5(2): 766-733.

Winarni, S., Ismayani, A., & Fitriani. (2013). Kesalahan Konsep Materi Stoikiometri Yang Dialami Siswa SMA. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14(1): 43-59.

Winarto, R.T., & Sukarmin. (2012). Penerapan Zuma Chemistry Game dengan Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Materi Unsur, Senyawa, Campuran di MTsN Surabaya II. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1): 180-188

Wiwit, Hermansyah, A., & Putra, D.D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1): 71-78.

Wyk, M. M. V. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. J Soc Sci, 26(3): 183-193.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Salsabila Indi Primanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License