Menerapkan Pembelajaran TGT Media TTS Pada Bank Soal Berbasis LKS Sistem Koloid

Brigitta Elga Kusuma Dewi(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin, suku kata atau ras yang berbeda. Metode pembelajaran TGT sebagai suatu upaya untuk membantu siswa dalam memahami soal dengan media teka teki silang. Media teka teki silang diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan motivasi siswa. Media teka teki silang akan lebih menarik perhatian siswa dan membuat siswa merasa lebih tertantang untuk menyelesaikan soal. Media teka teki silang diharapkan mambu mengembangkan aspek kognitif dan afektif pada siswa. Dalam pelaksanaanya media TGT terdiri dari 5 tahapan yaitu class precentation, teams, games, tournament, dan team recognition. Pada 5 tahapan yang ada didalam media pembelajaran TGT  bertujuan untuk membantu siswa dalam mengerjakan bank soal sistem koloid berbasis web dengan media teka teki silang. Penerapan bank soal berbasis LKS dapat digunakan untuk mengetahui karakteristik butir soal yang baik berdasarkan tingkat kesulitan.

Keywords

Bank Soal, LKS, TGT, TTS

Full Text:

PDF

References

Astuti, S, P. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Mia 3 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(6), 109-118

Fatonah, D, S. 2016. Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Inquiry Based Learning (Ibl) Dan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Termokimia Kelas Xi Sma N 1 Sukoharjo Dengan Memperhatikan Kemampuan Matematik Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(5), 36-43

Fathonah, R. 2013. Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Tts) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smp N 2 Ngadirojo, Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2)

Nafi, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Melakukan Install Home Theater Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(3), 37-45

Palupi, A, S. 2016. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Dan Teka-Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(5), 18-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Brigitta Elga Kusuma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License