Analisis Kualitas Produk Sepatu Tomkins

Ria Arifianti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh kajian tentang pelaksanaan pengendalian kualitas sepatu Tomkins pada PT Primarindo Asia Infrastruktur Tbk Bandung, Pengendalian kualitas menggunakan peta kendali c dan memilih metode yang paling efektif antara peta kendali c dengan pengendalian kualitas yang digunakan perusahaan. Kualitas berkaitan dengan pemenuhan permintaan, atau melebihi permintaan, pemenuhan kebutuhan konsumen untuk saat ini dan masa yang akan datang. Hal ini berarti bahwa produk yang dihasilkan memenuhi kebutuhan  konsumen dan cocok dengan penggunaan konsumen. Tipe penelitian adalah kuantitatif. Pengumpulan datanya adalah studi literatur dan studi lapangan. Studi lapangan berkaitan dengan observasi dan wawancara. Teknik penarikan sampelnya menggunakan purposive random sampling. Data yang digunakan adalah data produksi tahun 2007 sampai dengan 2009. Pengendalian yang dilakukan perusahaan pada saat produksi berdasarkan pada spesifikasi produk yang telah ditetapkan di awal. Pengolahan data menggunakan peta kendali c  menunjukkan semua proses produksi berada dalam batas kendali. Hal ini berarti penggunaan peta kendali c lebih efektif dibandingkan dengan metode yang digunakan perusahaan.


The objective of this research were to determine the quality control processof Tomkins shoes at PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk. Bandung.Quality can be defined is meeting, or exceeding, customer requirements now and in the future. This means the product or service is fit for customer’s use. Controlling product quality using c chart.It select the method which one is better or effective for the company. The research methode type is qualitative. Data collection methods are literature and field studies. Field study covers observation and interview.The sampling technique by purposive random sampling. Sample is used that occurred during production years 2007-2009. Control is carried out by Firm, at the time of production based on product specifications that have been established in the beginning. Proceessing data using c-chart showing the production processed are in boundary control limit. It means clarity the use c-chart of which method more effectively done than  used by firm.

Keywords

Quality control; C-chart; Customer

Full Text:

PDF

References

Amir, M. T. 2004. Manajemen Retail. Jakarta: Penerbit PPM.

Barker, C., Pistrang, N & Elliot, R. 2002. Research Methods in Clinical Psychology, An Introductionfor Students and Practitioners 2nd Edition. England: John Wiley & Sons, Ltd.

Heizer, J & Render, B. 2006. Operation Managemen, 7th Edition. New Jersey: Person Education. Inc.

Montgomery, D. C. 1985. Introduction to Statistical Quality Control. USA: JohnWiley & Son.

Natha, K. S. 2008. Total Quality Management Sebagai Perangkat Manajemen Baru Untuk Optimasi. Denpasar: Bulletin Studi Ekonomi.

Prasetya, H & Lukiastuti, F. 2011. Manajemen Operasi. Jakarta: PT. Buku Seru.

Russell, R. S & Taylor, B. W III. 2006. Operation Management Multimedia Version. The Prentice Hall Inc. Upper Saddle River, Nj.

Schroeder. 2005. Operation Management. English: McGraw-Hill.

Sekaran, U. Roger Bougie. 2010. Research Methods for Business, a Skill Building Approach. United Kingdom, England: John Wiley & Sons, Ltd.Wiley.

Stephen, H. E., Shane, J & Schvaneveldt. 2011. Using Statistical Process Control Charts to Identify the steroids Era in Major League Baseball: An Educational Exercise. Journal of Statistics Education. Weber State University.

Sultana, F., Razive, N. I & Azeem, A. 2009. Implementation of Statistical Process Control (SPC) For Manufacturing Performance Improvement. Journal of Mechanical Engineering. Bangladesh, pp: 15.

Zikmund, W. G., Barry, J. B., Carr, J. C & Griffin, M. 2010. Business Research Methods Eighth Edition. United States: South-Western Cengage Learning


View Counter: Abstract - 9448 and PDF - 8204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.