Alat Eksperimen Hukum Pascal dengan Memanfaatkan Sensor Load Cell Berbasis Arduino Uno pada Dongkrak Hidrolik

Anisa Satya Sandy(1), Inge Mireya Thalia Putriardi(2), Maya Afifah(3), Pratiwi Kusumawardhani(4), Rengga Ngesthi Pambuka(5),


(1) Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
(2) Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
(3) Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
(4) Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
(5) Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Abstract

Dongkrak hidrolik merupakan penerapan konsep Hukum Pascal. Dewasa ini mulai dikembangkan alat eksperimen Hukum Pascal berupa prototype dongkrak hidrolik dengan memanfaatkan sensor load cell berbasis Arduino Uno. Sensor load cell dipilih karena pengukuran yang dilakukan menggunakan prinsip tekanan. Pada alat ini, sensor berperan untuk mengetahui tekanan fluida yang dihasilkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi besar tekanan fluida dapat dibuktikan melalui alat eksperimen Hukum Pascal berupa prototype dongkrak hidrolik berbasis Arduino Uno. Metode penelitian dilakukan secara eksperimen. Analisis data kuantitatif dan kualitatif melalui metode grafik. Percobaan pertama menggunakan massa II sebesar 1,998 kg dan massa I sebesar 0,501 gram; percobaan kedua menggunakan massa II sebesar 2,982 kg dan massa I sebesar 0,750 gram; percobaan ketiga menggunakan massa II sebesar 3,998 kg dan massa I sebesar 1,024 kg; percobaan keempat menggunakan massa II sebesar 4,970 kg dan massa I sebesar 1,295 kg; percobaan kelima menggunakan massa II sebesar 5,900 kg dan massa I sebesar 1,526 kg. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, data yang diperoleh dituliskan dalam tabel pengamatan dan dibuat grafik perbandingan antara massa II dan massa I untuk dihitung gradiennya. Gradien yang didapatkan adalah y = 0,2637x – 0,0296. Selain itu, dari grafik yang telah dibuat dapat diketahui eror sebesar R2 = 0,9999. Kemudian hasil perbandingan kedua massa atau gradien yang telah didapat dibandingkan dengan luas permukaan kedua pipa, sehingga didapat hubungan antara massa beban dengan luas permukaan pipa yang digunakan. Dari hasil perbandingan tersebut dapat dibuktikan bahwa tekanan fluida di setiap titik adalah sama. Hal ini sesuai dengan Hukum Pascal yaitu tekanan zat cair pada ruang tertutup besarnya sama di sembarang titik. Faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan fluida dalam ruang tertutup adalah gaya dan luas penampang, komponen dari gaya dapat diuraikan menjadi massa dan percepatan gravitasi.

Keywords

Hukum Pascal, Dongkrak Hidrolik, Sensor Load Cell, Arduino Uno

Full Text:

Untitled

References

Fitrifitanofa, Winda. Perancangan Alat Praktikum Permodelan Hukum Pascal Hal.56, Vol.5 No.1 (2014.)

Felayati, Ali Akbar, dkk.. “Alat ukur Berat Benda Berbasis Arduino”. Politeknik Negeri Semarang, 2015.

Giancoli, Douglas C. Fisika. Edisi Kelima Jilid 1, Jakarta : Erlangga, 2001.

Marthen Kanginan. Fisika untuk SMA Kelas XI Semester 2, Jakarta : Erlangga, . 2007.

Serway, Raymond, and John W. Jewett, Jr. Penerjemah Chriswan Sungkono. Fisika untuk Sains dan Teknik Buku 1 Edisi 6. Jakarta : Salemba Teknika. 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License. View My Stats