Media Pembelajaran Alat Ukur Koefisien Gesek Kinetis dengan Tetikus Nirkabel

Alvama Pattiserlihun, Suryasatriya Trihandaru, Inti Mustika

Abstract


Media pembelajaran adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk membantu memantapkan konsep (maha)siswa, tidak terkecuali untuk pematangan konsep Fisika khususnya tentang koefisien gesek kinetis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran sederhana terkait materi koefisien gesek kinetis, mengukur koefisien gesek kinetis menggunakan media tetikus nirkabel dengan optimasi parameter dari data GLBB serta mencari nilai sudut kritis pada gerak benda di bidang miring. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan papan yang kemiringannya bisa diatur, tetikus nirkabel, komputer dan software Matlab. Pengambilan data dilakukan sebanyak 40 kali dan hasilnya kemudian di uji menggunakan t- test. Didapatkan bahwa rata- rata nilai koefisien gesek untuk ketiga sudut tak terbedakan sebesar 0,41 dengan simpangan baku 0,03. Dimana sudut kritis yang diperoleh adalah sebesar 22,29o.

Keywords


koefisien gesek kinetis, tetikus nirkabel, sudut kritis, media pembelajaran

Full Text:

Untitled

References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fitri, M., Hufri & Yohandri. 2014. Pembuatan sistem Penentuan Koefisien Gesek Statis Benda Pada Bidang Miring Secara Digital Berbasis Mikrokontroler. Pillar of Physics, Vol 4, No. 09-16: 33-40.

Hernawati. 2013. Mengetahui Koefisien Gesek Statik dan Kinetis Melalui Konsep Gerak Melingkar Beraturan. Jurnal Teknosains. Vol 7(1): 55-65.

Kurniawan. A. D. 2013. Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Pembuatan Media Pebelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 2 (1): 8-11.

Murdini, Wahyu T. 2012. Pengembangan Media Simulasi Perpaduan Gerak Berbasis Komputasi Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lumajang. Jurnal Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Vol 2(1).

Nisa, C. et al. 2014. Perancangan Instrumentasi Pengukur Waktu dan Kecepatan Menggunakan DT-Sense Infrared Proximity Detector Untuk Pembelajaran Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol 4 (1): 36-41.

Pradipta, Kharisma R. 2012. Pengembangan Media Pembeljaran Fisika Berbasis Multimedia dengan Menggunakan SwishMax 4 Pada Materi Kinematika Gerak Lurus untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Vol 1 (1).

Priyono, J. & Suharno. 2014. Penerapan Metode Tracking pada Pengukuran Koefisien Gesek Kinetik Luncuran. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, ISSN: 0853-0823: 50-53.

Sadiman, Arif.S, et al. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiorini, I. 2014. Rancang Bangun Smart Timer Sebagai Alat Pengukur Waktu dan Kecepatan Untuk Media Pembelajaran Gerak Lurus. Jurnal Fisika. Vol 3 (2): 53-59.

Wijayanto & Susilawati. 2015. Rancangan Kinematika Gerak Menggunakan Alat Eksperimen Air Track Untuk Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video. Jurnal Informatika UPGRIS. Vol 1 (2): 120-125.




DOI: https://doi.org/10.15294/jf.v7i1.13365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License. View My Stats