Rekayasa Alat Pencacah Enceng Gondok Menggunakan Silinder Berpaku Serta Metode Mencacah Searah Serat Eceng Gondok

Arif Kresno Prasetyo, Made Rai Suci Shanti, Alvama Pattiserlihun

Abstract


Eceng gondok berpotensi untuk dijadikan bahan pengganti pakan ternak non ruminansia. Akan tetapi dalam pemanfaatannya harus dipertimbangkan karena kandungan serat kasar yang tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pengolahan, misalnya dengan cara pencacahan. Alat pencacah yang telah dibuat kebanyakan menggunakan pisau pemotong untuk mencacah materi eceng gondok. Secara umum cara kerja dari alat pencacah eceng gondok yang telah ada adalah dengan memutarkan pisau pemotong yang terdapat pada tabung pemotongan untuk mencacah eceng gondok. Eceng gondok yang ingin dicacah dimasukan begitu saja dalam tabung pemotong yang berputar sehingga eceng gondok akan tercacah secara acak. Hal ini menjadi sebuah kerugian tersendiri bila melihat struktur eceng gondok yang memiliki serat yang sejajar. Secara teori gaya yang dibutuhkan untuk memotong serat eceng gondok akan lebih besar apabila memotong eceng gondok secara tegak lurus dengan arah serat eceng gondok dari pada memotong searah dengan serat eceng gondok. Berpijak dari kenyataan tersebut dalam rancang bangun ini kami membuat suatu alat pencacah eceng gondok menggunakan silinder berpaku serta metode mencacah searah serat eceng gondok sebagai sarana pencacah eceng gondok. Dari hasil pengujian prototype, didapat hasil cacahan yang lembut serta kapasitas pencacahan sebesar 16,6 kg/jam.


Keywords


Alat pencacah, Eceng gondok, Metode mencacah searah serat, Silinder berpaku

Full Text:

PDF

References


Besari, M.S. 2008. Teknologi di Nusantara. Salemba Teknika. Jakarta.

Dewanti Ratih, Irham Muhammad, Sudiyono. 2013. Pengaruh Penggunaan Enceng Gondok (Eichornia crassipes) Terfermentasi dalam Ransum terhadap Persentase Karkas, Non-Karkas, dan Lemak Abdiminal Itil Lakal Jantan Umur Delapan Minggu. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.

Halliday & Resnick. 1991. Fisika Jilid 1 (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Marlina Nina, Askar Surayah. 2001. NilaiI Gizi Eceng Gondok dan Pemanfaatan Sebagai Pakan ternak Non Ruminansia. Balai Penelitian Ternak, Bogor.

Pratama Satria, Andrea Ryan, Suwardi Anwar, Priyatna Rizal. 2013. Alat Pencacah Eceng Gondok untuk Meningkatkan Produktivitas Pakan Iitik KUR Mekar Asih. Program Kreativitas Mahasiswa.

Munaf Dicky R., Suseno Thomas, Janu Rizaldi Indra, M. Badar Aulia. 2008. Peran Teknologi Tepat Guna untuk Masyarakat Daerah Perbatasan (Kasus Propinsi Kepulauan Riau).

Widayanto Jujur S. 2012. Rancang Bangun Mesin Pencacah Enceng Gondok untuk Pembuatan Biogas. Tugas Akhir Mahasiswa Diploma III, Jurusan Teknik Mesin: Fakultas Teknik UNDIP, Semarang.

Yohanes. 2011. Pengaruh Dimensi terhadap Kapasitas dan dimensi Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit. Universitas Riau, Riau.




DOI: https://doi.org/10.15294/jf.v5i1.7366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License. View My Stats