Simulasi dan Analisis Respon Fuzzy Logic Controller Pada Sistem Suspensi

Sunarno Sunarno(1), Rohmad Rohmad(2),


(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Abstract

Respon keluaran sistem suspensi mekanik pada loop terbuka kadang menghasilkan osilasi yang berlebihan. Keadaan itu akan menghasilkan ketidakstabilan sistem secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu dirancang suatu sistem kendali yang memungkinkan tercapainya desain kriteria yang telah direncanakan. Sistem kendali yang relaif baik dalam menghasilkan respon keluaran adalah sistem kendali berbasis logika Fuzzy. Kendali Fuzzy ini dibuat menggunakan simulink Matlab dengan FIS (Fuzzy Inference System) sebagai intinya. FIS ini dibangun menggunakan Fuzzy Logic Toolbox Matlab. Hasil pengujian pada FLC dengan tiga variasi aturan fuzzy yaitu 7 aturan, 25 aturan, dan 49 aturan menunjukkan performansi sistem yang berbeda. Unjuk kerja yang paling optimal dan sesuai dengan desain kriterianya adalah pada jumlah aturan Fuzzy yang terbanyak yaitu 49 aturan. Adapun karakteristik respon keluarannya yaitu settling time = 1.05 sekon, overshoot = 2.78%, peak time = 0.51, rise time = 0.4 sekon serta No steady State Error

Keywords

Logika fuzzy, Simulink matlab, Suspensi

Full Text:

PDF

References

Anggoro, A. 2013. Aplikasi Fuzzy Logic Control Pada Sistem Suspensi Semi-Aktif Model Kendaraan Seperempat. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Ashraf, E. 2014. Desain a semi-Active Suspension System for a Quarter Vehicle Model using Fuzzy Logic Control (FLC). International Research Journal of Scientific Findings,Vol. 1 (2):030-036, May.

Ebrahimi, N.,& Gharaveisi,A. 2012. Optimal Fuzzy Supervisor Controller for an Active Suspension System. International Journal of Soft Computing and Engineering (IJSCE):36-39, Vol. 2, September.

Oni, B., Sumardi & Aris, T. 2013. Desain Auto Tuning PID Menggunakan Logika Fuzzy Pada Sistem Suspensi Aktif Tipe Paralel Nonlinear Model Kendaraan Seperempat. Jurnal Teknik Elektro, 15(3): 114-120. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ozgur, D., & Ilknur, K. 2012. Modeling and Control of a Nonlinear Half-Vehicle Suspension System: a Hybrid Fuzzy Logic Approach. Springer Science+Business Media B.V, 67:2139–2151.

Pfeiffer, F. 2007. Deregularization of a Smooth System-Example Hydraulics. Nonlinear Dyn. 47: 219–233.

Sakman, L. E., Guclu, R., & Yagiz, N. 2005. Fuzzy logic control of vehicle suspensions with dry friction non-linearity. Sadhana-Academy Proceedings in Engineering Sciences, 30(5): 649–659.

Shehata, A., Metered, H., & Walid A.H. 2015. Vibration Control of Active Vehicle

Suspension System Using Fuzzy Logic Controller. Springer International Publishing Switzerland. Proceedings of VETOMAC X. UK: University of Manchester.

Tesna, D. 2012. Perancangan Sistem Suspensi Aktif Nonlinier Tipe Paralel dengan Kendali HYbrid Fuzzy PID Pada Model Kendaraan Seperempat. Skripsi. Semarang: UNDIP.

The MathWorks, Inc. 2014. Fuzzy Logic Toolbox™ User's Guide © COPYRIGHT.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License. View My Stats