Development of Volleyball Learning Media Models for First Middle School Students

Khansa Dwi Pangesti(1), Muhammad Nopriansyah(2), Hani Fatonah(3),


(1) Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No 1. Jakarta 13220, Indonesia.
(2) Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No 1. Jakarta 13220, Indonesia.
(3) Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No 1. Jakarta 13220, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran bola voli pada aspek pemahaman konsep keterampilan dasar dan keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam permainan bola voli, mampu memecahkan masalah saat bertahan dan menyerang dalam permainan bola voli. dan mampu mencetak gol atau poin dalam bola voli. Sampel yang digunakan adalah random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 39 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Tahapan dalam penelitian ini adalah: analisis potensi masalah, desain produk, validasi ahli (validasi produk awal), revisi produk, pengujian kelompok kecil, pengujian kelompok besar. , produk akhir.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 83.

Keywords

Instructional video media; cognitive abilities; volleyball game

Full Text:

PDF

References

K. Sukiyasa and Sukoco, “Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Effect Animation Media on Student ’ S Learning,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, pp. 126–137, 2012.

M. Miftah, “Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa,” J. Peneliti Bid. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 95–105, 2013.

A. Johari, S. Hasan, and M. Rakhman, “Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 1, p. 8, 2016, doi: 10.17509/jmee.v1i1.3731.

P. J. R. Ponza, “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa,” J. EDUTECH, vol. 6, no. 1, pp. 9–19, 2018.

P. Purnomo and M. S. Palupi, “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V,” J. Penelit. (Edisi Khusus PGSD), vol. 20, no. 2, pp. 151–157, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.