UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY-UP BOLA BASKET

Yusmawati Yusmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lay-up bola basket di SMA Negeri 12 Jakarta kelas X,  pada bulan Februari 2010, dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali pertemuan, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan gaya mengajar latihan, penelitian ini menggunakan dua tahapan siklus. Pada tahap pertama mengidentifikasi dan memberikan konsep pembelajaran lay-up bola basket melalui gaya mengajar latihan. Siklus ke dua yaitu pemilihan gaya mengajar latihan yang diarahkan pada aktifitas gerak pembelajaran lay-up bola basket dan efektifitas kebenaran teknik sesuai dengan teori, Standar ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh SMA Negeri 12 Jakarta untuk mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 60. Perubahan atau peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lay-up bola basket dengan gaya mengajar latihan terjadi pada saat Final Test. Data yang ada pada nilai test awal lay-up bola basket sebesar 27,5% atau sebanyak 11 siswa dan nilai test akhirnya 100 % maka pembelajaran dengan materi lay-up bola basket dengan gaya mengajar latihan mengalami peningkatan sebesar 72,5%. Jadi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar lay-up bola basket di SMA Negeri 12 Jakarta

 

This study aims to correct or improve the learning outcomes of students in basketball a lay-up at SMAN 12 (Senior High School) Jakarta class X in February 2010, held as many as four (4) meetings, the research method used is the method of action research in the style of teaching practice. In practice, this study uses two stages of the cycle. In the first cycle are identifying and providing learning concept lay-up basketball through the practice teaching styles. Cycle to two, the choice of practice teaching style aimed at learning the motion activity lay-up basketball and effectiveness of the technique in accordance with the theory. Mastery learning standards set by the SMAN 12 (Senior High School) Jakarta for physical education subjects is 60. Alteration or improvement of student learning outcomes in learning the lay-up basketball with the teaching style of practice occurs during the Final Test. Existing data on the value of the initial test basketball lay-ups by 27.5% or as many as 11 students and test scores finally 100% then learning the material lay-up basketball with the teaching style of practice increased by 72.5%. So it can be concluded that the results of research, teaching style of practice can improve learning outcomes lay-up basketball at SMAN 12 Jakarta.

 

 


Keywords


Improved learning outcomes lay-up on basketball

Full Text:

PDF

References


A. Sarumpaet dkk., Permainan Besar Bagian 4 Bola Basket. Jakarta: Depdilkbud. 1992.

B.E. Rahantoknam, Guru Pendidikan Jasmani sebagai Fasilitator, Semlok Pola Sistem Operasional Pendidikan Jasmani, sebagai Basis Pembinaan Prestasi Olahraga Indonesia Menjelang Era Globalisasi. Jakarta: 1997.

Jon Cliver, Dasar dasar bola basket. Bandung: Pakar Raya, 2007.

Muhajir. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga, 2008.

Muska Mosston and Sara Asworth, Teaching Physical Education .New York: Mac Millian College Publishing Company Inc, 1994.

Nuril Ahmadi, Permainan Bola Basket. Solo: Era Intermedia, 2007.

Suharsini Ari Kunto, Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, 2008.

Zainal Aqib, Penelitian Tindakan Kelas .Yrama Widya : Bandung 2008.




DOI: https://doi.org/10.15294/jpehs.v1i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.