PEMBELAJARAN PERMAINAN KIDS’ ATLHLETICS SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN GERAK DASAR ATLETIK PADA ANAK-ANAK

Rumini Rumini(1),


(1) PJKR FIK Universitas Negeri Semarang

Abstract

Dunia anak adalah bermain, sedangkan permainan adalah aktivitas yang dilakukan oleh semua orang termasuk anak-anak. Anak-anak menyukai jenis permainan yang menantang dan melibatkan banyak teman sebagai bentuk interaksi sosial dengan teman sebayanya. Kids’ athletics adalah suatu bentuk permainan yang berasal dari pengembangan atletik yang dilakukan oleh orang dewasa, kemudian di kembangkan sebagai model permainan anak-anak untuk mengenalkan atletik sesuai dengan usia pertumbuhan dan perkembangan anak. Melalui berbagai model pengembangan permainan atletik inilah maka anak-anak akan menyukai permainan Kids’ athletics yang disesuaikan dengan peralatan dan kebutuhan anak-anak. Peralatan yang digunakan juga mudah didapat di sekeliling kita, sehingga permainan ini dapat dilakukan dimana saja dan dengan berbagai peralatan yang ada di sekitar kita, murah dan menyenangkan bagi anak-anak.

 

Playing is naturally a childrens’ world, while the game is an activity that is done by everyone, including children. The kids love type of games which is challenging and involves a lot of friends as a form of social interaction with their peers. Kids’ athletics is a form of the game developed  from  track and field which is usually done by adults. Kid’s athletics  of children's games to introduce age-appropriate athletic growth and development of children. Through various athletic games development model of this that the kids will love playing Kids' athletics and equipment tailored to the needs of children. The equipment used is also easily available all around us , so the game can be done anywhere and with a variety of equipment that is all around us , cheap and fun for children .

Keywords

Guidance; Football; Survey

Full Text:

PDF

References

Bompa, Tudor O. (1990). Theory and Methodology of Training. Dubuque, Iowa: Kendaal/Hunt Publishing Company.

Bucher, Charles (1979). Foundations of Physical Education. London: The CV. Mosby Company

Dauer, Victor P. (1979). Dynamic Physical Education For Elementary School Children. Minnesota: Burgess Publishing Company.

Hurlock, Elizabeth B (1990). Perkembangan Anak. Terjemahan Tjandrosa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: penerbit Erlangga.

IAAF. 2002. Kids’ Athletics – Event Beregu Untuk Anak-Anak. RDC: Jakarta.

The ACC/NCAS (1990). Begining Coaching. Australian Coaching Council Incorporeted.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.