UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PICTOGRAPH PADA SISWA SDLB

Supriyono Supriyono, Apik Kusumadadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar renang gaya dada melalui media pembelajaran pictograph pada anak tuna rungu kelas I B di SDLB Negeri Semarang tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas I SDLB Negeri Semarang berjumlah 10 orang terdiri dari 4 siswa putra dan 6 siswa putri. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja siswa, lembar pengamatan siswa, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil presentase ketuntasan belajar pada siklus I, aspek psikomotor 10%, aspek afektif 40%, aspek kognitif 40%, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 30% dari jumlah siswa. Pada siklus II aspek psikomotor 80%, aspek afektif 90%, aspek kognitif 100%, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 90% dari jumlah siswa. Dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 60%, dari siklus I 30% menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disimpulkan bahwa media pembelajaran pictograph dalam pembelajaran renang gaya dada dapat meningkatkan hasil belajar siswa tunarungu kelas I SDLB Negeri Semarang.

________________________________________________________________________________

The purpose of this study was to determine how to efforts to improve learning outcomes chest stroke through the medium of learning pictograph in the deaf children class I b in the state SDLB Semarang academic year 2015. This research uses research methods class action research.The implementation consists of two cycles. each held one meeting cycle consists of four phases, that is : planning, action, observation, reflection. This research subject is deaf student grade I state SDLB Semarang of 10 people consisting of 4 boys and 6 students daughters. Instruments used in this study was test performance of students, student observation sheet, and a written test. Based on the results of the study showed the percentage of mastery learning cycle I, phychomotor 10%, affective 40%, cognitive 40%, and mastery learning students in the classical 30% of the total number of students. In the second cycle phychomotor 80%, affective 90%, cognitive 100%, and mastery learning students in the classical 90% of the total number of students. In this research the results of the study showed improve learning outcomes in the classical 60%, cycle I 30 % to 90 % of the cycle II. Based on the results of research on top, it was concluded that the medium of learning pictograph can improved learning outcomes in the deaf children grade I State SDLB Semarang. expected for students to enhance the spirit of learning and discipline.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.