PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BASKETBALL AND FOOTBALL COMBINATION UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA SEKOLAH DASAR

Martin Sudarmono(1),


(1) 

Abstract

Permainan olahraga merupakan salah satu materi permainan dan olahraga yang bertujuan untuk mengembangkan koordinasi gerak peserta didik melalui aktivitas permainan beregu. Tidak semua sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes mengajarkan semua materi dalam permainan bola besar. Berdasarkan hal di atas, perlu dilakukan pengembangan permainan bola besar yang dapat mengembangkan keterampilan koordinasi gerak peserta didik.

Prosedur pengembangan yang digunakan ; 1) menganalisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli, 4) uji coba lapangan, 5) revisi produk, dan hasil produk pengembangan. Instrumen yang digunakan 1) data pengambilan denyut nadi, (2) kuesioner respon psikomotorik, kognitif, afektif peserta didik dengan angket, (3) pengamatan keefektifan teknik dasar yang digunakan dalam produk.

Hasil penelitian ini telah ditemukan (1) produk permainan basketball and football combination, (2) keefektifan produk permainan dapat meningkatkan aktivitas fisik peserta didik, (3) permainan basketball and football combination ini dapat mengatasi keterbatasan alokasi waktu pembelajaran yang tersedia, (4) kompleksitas keterampilan koordinasi gerak.

Simpulan penggunaan produk permainan basketball and football combination dalam pembelajaran memberikan pengaruh terhadap intensitas fisik, dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana, dapat mengatasi keterbatasan alokasi waktu pembelajaran serta memberikan pengalaman koordinasi gerak kompleks. Saran bagi guru Penjasorkes di SD dapat menggunakan permainan ini di sekolah, dalam pembelajaran permainan bola besar.

Keywords

Permainan Basketball and Footbaal Combination, Penjasorkes, Siswa SD

Full Text:

PDF

References

Badan Standar Nasional Indonesia, BSNP. 2006. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Bahagia, Yoyo dan Suherman, Adang. 2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Mopdifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP

Husdarta, Saputra M. Yudha. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Luthan, Rusli dan Suherman, Adang. 2000. Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdiknas

RC, Achmad, Rifa’i dan Anni, Tri, Catharina. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Litera

Soegiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherman, Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas

Sukirman dkk.2003. Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka. Urung ketemu

Wasis, Dwiyogo. 2004. Konsep Penelitian dan Pengembangan. Pusat Kajian Kebijakan Olahraga LEMLIT UM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.