Analisis Gerakan Tendangan Ap Chagi Pada Taekwondoin junior Putra Kabupaten lombok Timur

NOPI HARI ADI

Abstract


Taekwondo merupakan cabang olahraga beladiri, yang mengajarkan teknik bertarung dengan tangan kosong dimana kaki adalah alat serang yang dominan dipakai para Taekwondoin. Tendangan Ap Chagi ini merupakan teknik tendangan yang paling mendasar yang harus dikuasai Taekwondoin dan dapat menghasilkan poin tiga. (WTF Competition Rules & Interpretation, 2012: 22).

Jenis penelitian yaitu jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan bila ditinjau dari jenis pendekatannya termasuk Action Research (Penelitian tindakan). Subjek penelitian adalah Atlet Taekwondo Junior Putra Kabupaten Lombok Timur yang terdiri dari 3 atlet. Data pengukuran diambil dari rekaman video subjek penelitian dalam melakukan tendangan Ap Chagi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan Software Dartfish Handycam dan Laptop. Analisis data menggunakan Analyzer pada Software Dartfish serta penilaan dari Expert Judgement yang meliputi sudut tangan, sudut kemiringan punggung, sudut bukaan kaki dan sudut putaran telapak kaki, serta kecepatan dan ketepatan tendangan. Dari 3 atlet yang menjadi subjek penelitian diperoleh satu atlet yang mendapatkan hasil terbaik, pada tendangan Ap Chagi, hasil terbaik diperoleh pada subjek penelitian AKB.

Hasil penelitian menyimpulkan perbaikan gerakan berupa pendampingan dan arahan dari peneliti, pelatih dan Expert Judgement, berupa latihan fisik dan latihan teknik dasar tendangan Ap Chagi. Dan hasil tendangan Ap Chagi yang paling baik atau efektif terdapat pada refleksi III, dapat dilihat pada Taekwondoin AKB dengan waktu 0,34 s, jarak tendangan dengan sasaran 1,60 m, sehingga menghasilkan kecepatan 5,0 m/s. Berikutnya untuk sudut tangan 51.3, sudut kemiringan punggung 141,8, sudut bukaan kaki sebesar 101,0, sudut putaran telapak kaki sebesar 50,0 dan tepat pada sasaran yang telah ditentukan.

Kata Kunci : Analisis Gerakan, Teknik Tendangan Ap Changi, Taekwondo, Atlet Junior.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i2.6466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.