HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SALAMAN 4

Widodo Giri Marwoto(1), Agus Pujiyanto(2), Hermawan Pamot(3),


(1) SD Negeri Salaman 4, Magelang
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, FIK, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, FIK, Universitas Negeri Semarang,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lari estafet melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VI SDN Salaman 4 kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tahun 2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Salaman IV kecamatan Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja, pengolahan datanya menggunakan deskritif persentase. Berdasarkan Hasil penelitian Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 29,5 %, dari siklus 1, 58% meningkat menjadi 87,5 % pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari estafet pada siswa kelas VI SDN Salaman 4 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016

 

The purpose of this study is to improve learning outcomes relay through a scientific approach in Class VI SDN Salaman Salaman 4 districts of Magelang regency in 2016. This study is a Class Action Research. Subjects were students in sixth grade elementary school districts Salaman Salaman IV Magelang regency amounting to 24 students. Data collection methods used were observation and tests of performance, processing data using descriptive percentage. Based on the research results that an increase in the classical mastery learning outcomes by 29.5%, from cycle 1, 58% increased to 87.5% in cycle 2. Thus we can conclude that the scientific approach can improve learning outcomes relay in class VI SDN Salaman Salaman 4 subdistrict of Magelang regency in the academic year 2015/2016

Keywords

Learning Outcomes, Running Relay, Scientific Approach

Full Text:

PDF

References

Asmar Jaya.2008.Futsal gaya hidup dan peraturan.Yogyakarta:PT.Pustaka Timur.

Justinus Laksana. 2011. Taktik dan strategi futsal modern. Jakarta: Be Champion

Js.Husdarta.2009. Mananjemen pendidikan jasmani.Bandung:Alfabeta

Sahda Salim. 2009. 1 Hari Pintar Main Futsal. Yogyakarta: PT.Media Presindo

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Bandung:Alfabeta

Sugiyanto.2008.Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Akhmad, Megar Indrianto. Model Pengembangan Permainan Sepak Bola”3 Gawang 3 Regu” dalam penjasorkes pada siswa kelas v SD Negeri Curug 01 Pangkah Kabupaten

Tegal Tahun 2012. Jurnal ACTIVE. 2:2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.