PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOTTLE SHOOT PADA PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016

Saniatun Febriani, Mugiyo Hartono, Ranu Baskora A.P

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk permainan Bottle Shoot sebagai pembelajaran permainan bola besar futsal bagi siswa SMP/MTS yang dissuaikan dengan kemampuan serta karakteristiknya Data yang diperoleh dari uji coba produk permainan Bottle Shoot berupa evaluasi kuesioner ahli dan lembar kuesioner siswa berupa aspek kognitif serta bentuk pengamatan untuk aspek penilaian aspek afektif dan psikomotorik. Perolehan hasil akhir yang diperoleh pada uji coba satu oleh ahli penjas dan ahli pembelajaran adalah 81% dan 92%. Diperkuat dengan hasil kuesioner dari siswa yaitu psikomotor 83%, afektif 91,7%, dan kognitif 89,5%. Hasil uji coba dua dari ketiga sekolah mendapatkan rata-rata prosentase yaitu pada aspek kognitif 91,7%, afektif 87,4%, dan psikomotorik 77,5%. Rata-rata keseluruhan dari ketiga sekolah mendapatkan 85,5%. Berdasarkan perolehan prosentase penelitian yang sudah dilaksanakan sebahai hasil uji coba produk dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan Bottle Shoot dapat digunakan sebagai pembelajaran permainan bola besar pada futsal bagi siswa SMP diKecamatan Sampang Kabupaten Cilacap.

The purpose of this study is to produce Bottle Shoot game product as learning of futsal big ball game for junior high students that is adapted by capabilities and characteristics. The method of this R&D research is product development research. The obtained datas of Bottle Shoot game product trials are experts questionnaire evaluation and students questionnaire forms that contain cognitive aspect and the observations as affective and psychomotor aspect. The final results from physical education and learning experts of the first trial are 81% and 92%. Reinforced by students questionnaires results are 83% of psychomotor, 91.7% of affective, and 89.5% of cognitive. The second trial of three schools an average percentage that is on the cognitive aspects of 91.7%, 87.4% affective, and psychomotor 77.5%. The average of three schools get 85.5%. Based on the percentage of the trial result can be concluded that Bottle Shoot game can be used as big ball game learning in futsal for junior high school students in Sampang distric, Cilacap.


Keywords


Big Ball Game; Bottle Shoot Game

Full Text:

PDF

References


Asmar Jaya.2008.Futsal gaya hidup dan peraturan.Yogyakarta:PT.Pustaka Timur.

Justinus Laksana. 2011. Taktik dan strategi futsal modern. Jakarta: Be Champion

Js.Husdarta.2009. Mananjemen pendidikan jasmani.Bandung:Alfabeta

Sahda Salim. 2009. 1 Hari Pintar Main Futsal. Yogyakarta: PT.Media Presindo

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Bandung:Alfabeta

Sugiyanto.2008.Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Akhmad, Megar Indrianto. Model Pengembangan Permainan Sepak Bola3 Gawang 3 Regu dalam penjasorkes pada siswa kelas v SD Negeri Curug 01 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun 2012. Jurnal ACTIVE. 2:2 (Semarang, Februari 2013




DOI: https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.