PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERKARAKTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMANISTIK BERBANTU ALAT PERAGA MURAH

A. Widiyatmoko

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu yang dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara menyeluruh sehingga memiliki daya saing yang unggul, mampu mengikuti perkembangan IPTEK, dan memiliki karakter yang bersumber pada nilai-nilai pancasila. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berkarakter menggunakan pendekatan humanistik berbantu alat peraga murah di sekolah menengah berupa silabus, RPP, alat peraga, LKS, dan modul yang dihasilkan melalui alur Four-D model, yaitu definition (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) yang telah melalui tahap validasi dan revisi.

 


The purpose of the research is to produce an integrated science learning tools that can facilitate learners to develop the capabilities of the whole so that it has a superior competitive, able to follow the development of science and technology, and has a character which is based on the values of Pancasila. From the results of research and discussion, it can be concluded that the development of the integrated science learning character humanistic approach berbantu cheap props in the form of school syllabi, lesson plans, visual aids, worksheets, and the modules produced by Four-D flow model, the definition (defining), design (design), development (development) and disseminate (spread) that have gone through the validation and revision.

Keywords

Integrated Sciece; Humanistic; cheaper Learning Apparatus

Full Text:

PDF

References

Arsury. 2007. Pendidikan yang Humanistik. http://arsury.blogspot.com/2007/12/ pendidikan-yang-humanistik.html [14/10/2012].

Assegaf, A. R. 2003. Kondisi dan Pemicu Kekerasan dalam Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan Tinggi Agama Islam. Vol. 2(1).

Hidayat, B. 2008. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2(2): 124-130.

Khusniati, M. 2012. Pendidikan IPA Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 1(2): 204-210.

Nurfa, A. 2012. Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Jurnal (USEJ). Vol. 1 (2): 60-69.

Widiyatmoko, A dan Pamelasari, S.D. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 1(1): 51-56.

Widyanto, Rusilowati, A., dan Waluya, S.B. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan CD Pembelajaran Materi Sudut Dalam Ruang Kelas X. Unnes Journal of Research Mathematics Education. Vol. 1(1): 20-27.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.