Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas VIIh SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014 / 2015

Agus Purwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Examples Non Examples. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP 5 Kudus kelas VII H tahun pelajaran 2014/2015 dalam kenyataannya masih mengalami kesulitan berkaitan dengan pemahaman konsep IPA. Kesulitan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Daya serap siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 76. Atas dasar masalah ini, penelitian tindakan kelas ini dilakukan. Dengan mengambil metode pembelajaran Examples Non Examples diharapkan aktivitas belajar anak meningkat dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik, paling tidak dapat mencapai nilai KKM. Ternyata hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa sekaligus hasil belajar siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 75 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Jika dihitung dalam persentase ketuntasan belajar diperoleh hasil 62,5% prasiklus, 68% siklus I, dan 84% siklus II.

Keywords

Aktivitas Siswa; Hasil Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References

Aip, Badrujaman dan Dede Rahmat Hidayat. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: Trans Info Media.

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi dan Supardi Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bina Aksara: Jakarta

Hadisurjono, Djoko. 2009. Peningkatan-Peningkatan Pembelajaran IPA Konsep Kemerdekaan mengemukakan Pendapat. (Daring) http:/djoko hadisurjono.wordpress.com. (Diakses pada tanggal 3 April 2010).

Hermawan, Hendy. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Citra Praya

Johnson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang

Karno. 1993. Dasar-Dasar Pendidikan Mipa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Laura, Lipton dan Deborah Hubble. 2013. Sekolah Kreatif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Uneversitas Negeri Malang.

Purwadarminto. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Sosialisasi Model-model Pembelajaran LPMP Jawa-Tengah. 2004. Model-Model Pembelajaran Inovative. Semarang: LPMP.


View Counter: Abstract - 313 and PDF - 355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.