Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelangsungan Hidup Melalui Kelompok Pekerjaan Rumah Dengan Treatment Direct Instruction Di Kelas 9d SMP N 2 Ungaran Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016

Eleonora Yosefa Suwasti

Abstract

Rerata ulangan harian peserta didik kelas 9D masih jauh dari KKM yakni 69,56. Rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh intensitas belajar di rumah. Salah satu solusi untuk meningkatkan intensitas belajar di rumah adalah dengan pemberian PR (Pekerjaan Rumah). Namun, pemberian pekerjaan rumah yang biasa dilakukan oleh guru, biasanya kurang mendapat perhatian bahkan diabaikan begitu saja. Akibatnya, kerja keras peserta didik saat mengerjakan pekerjaan rumah kurang mendapat penghargaan serta pekerjaan rumah sering berubah menjadi pekerjaan sekolah karena peserta didik mengerjakannya di sekolah dengan berbagai alasan. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti melakukan kegiatan penelitian terhadap peserta didik kelas IXD sebayak 34 orang anak dengan memberikan pekerjaan rumah secara intens, yang dikerjakan secara berkelompok dengan diberikan Treatment Direct Instruction sebagai stimulus dan motivasi agar peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan harapannya mengalami peningkatan hasil belajar. Analisa data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuatitatif diambil dari nilai pekerjaan rumah dan ulangan harian. Dari nilai pekerjaan rumah terjadi peningkatan dari 91,6 pada siklus I menjadi 93,72 pada siklus II. Demikian juga dengan rata rata nilai ulangan harian meningkat dari 72,72 pada siklus I menjadi 80,68 pada siklus II. Sedangkan data kualitatif diambil dari keaktifan peserta didik pada kegiatan belajar mengajar, kedisiplinan mengerjakan PR dan hasil observasi dari observer. Hampir 100% peserta didik disiplin mengerjakan dan mengumpulkan PR serta keaktifan dalam kegiatan belajar mengalami peningkatan dengan baik.

Keywords

Aktivitas; Hasil Belajar; Kelompok Pekerjaan Rumah; Treatment Direct Instruction

Full Text:

PDF

References

Ahmad, A & W Supriyono. 1991. Psiklogi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haribowo H. 1998. Bagaimana Murid Belajar. Makalah. Jakarta Depdikbud.

Rustaman, N & A Rustaman. 1977. Pokok-pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sugandi, A. 2007. Teori Pembelajaran, Semarang: UNNES Press.

Usman, MU. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

http://belajarpsikologi.com/keterlibatan-siswa-dalam-proses-belajar-mengajar/

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran

https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Belajar_Behavioristik


View Counter: Abstract - 333 and PDF - 749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.