Peningkatan Kompetensi Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas X TPEM 2 SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015

Nur Fatwa

Abstract

The problem of this research was how the students active participation and competence static fluid material for the students of class X TPEM 2 SMK Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan in the second semester academic year 2014/2015 using the guided inquiry experiment learning model. This research was carried out in two cycles, each cycle was conducted in three meetings. The research shows that the students competence increased from 72,59 in cycle I to 85,22 in cycle II. It also proves that the students active participation improved.within the two cycles.

Keywords

Guided Inquiry Exsperiment; Activeness; Static Fluid Material Competence

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori ,Mohammad.2007.Psikologi Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Fajri dan Senja. 2004. http://quantumppkn.wordpress.com/2013/05/22/keaktifan/.(Diunduh 10 April 2015).

Fitriyantin, Endang. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Kelas X SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. http://digilib.unila.ac.id/4229/. (Diunduh 12 April 2015).

Hanson, D. M. 2012. Designing Process Oriented Guided-Inquiry Activities. http://quarknet.fnal.gov/fellows/TLDownloads/Designing_POGIL_Activities.pdf (Diakses 10 April 2015)

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. ( cet 7). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muslimin Ibrahim. 2007. Pembelajaran Inkuiri. (Artikel Online).http://kpicenter.org/index.php. Artikel Online. (Diakses 15 April 2012)

Setyalina, Budi. 2010. Pengaruh Penerapan Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA pada Tema Perubahan Materi bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Godean. Skripsi. http://skripsi.unycommunity.com/tag/smp-negeri-1-godean. (Diakses 24 Maret 2015)

Sudjana. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif Bandung . Bandung : Falah Production

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana,Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


View Counter: Abstract - 154 and PDF - 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.