Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Usaha Dan Energi Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Kooperatif Bagi Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 4 Bae Kudus

Sulikatin Sulikatin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di kelas VII SMP Negeri 4 Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada keaktifan siswa, hasil meningkat dari 32% menjadi 68%, siswa yang berani bertanya meningkat dari 17% menjadi 50%, dan siswa yang aktif belajar meningkat dari 29% menjadi 74%. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari rata-rata 64 menjadi 72.

The purpose of this research is to improve students' activity and learning outcomes. This research is a classroom action research in class VII of SMP Negeri 4 Bae Kudus. The results of the study showed increased activity and student learning outcomes. On student activeness, the results increased from 32% to 68%, students who dared to ask increased from 17% to 50%, and active students studied increased from 29% to 74%. The average student learning outcomes also increased, from an average of 64 to 72.

Keywords

Cooperative; Active Learning

Full Text:

PDF

References

Standar kompetensi dan kompetensi dasar tingkat SMP/MTs. dan SMPLB Mata Pelajaran IPA untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) (2006:345)

(UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat 20)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), JakartaPusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, Robert E. 2008 Cooperative Learning : Teori riset dan praktek. Bandung: Nusa Media.

Suratno, dkk. 2002. Konsep Dasar Fiska 1. Semarang : Aneka Ilmu.

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto. 2008. Ilmu Pngetahuan Alam Kelas 8. Jakarta: Pustaka Indah.

Slavin, Robert E. 2008 Cooperative Learning : Teori riset dan praktek. Bandung: Nusa Media.

Dimyati, (1999),Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, P.T. Rineka Cipta.Mendiknas, (2006),

Anita Lie, (2004),Cooperative Learning , Jakarta, Grasindo.


View Counter: Abstract - 437 and PDF - 381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.