Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Konsep Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Strategi Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni

Dewi Masitoh

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui apakah penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar IPA konsep Sistem Gerak Pada Manusia, dan mengetahui apakah penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA konsep Sistem Gerak Pada Manusia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dimana disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk menguji sejauh mana keberhasilan hasil tindakan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kedungwuni. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan angket siswa. Dari hasil analisis didaptkan bahwa keaktifan siswa meningkat dari skala rendah pada pra siklus menjadi skala tinggi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar juga meningkat , pra siklus (69,71), siklus I (74,86), dan siklus II (85,3). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kedungwuni.

The purpose of this research is to know whether the implementation of Think Talk Write strategy can improve the science learning result of Motion System concept in human, and to know whether the implementation of Think Talk Write strategy can improve science learning activity of concept of Motion System in Humans. This research uses Classroom Action Research method (PTK) consist of 2 cycles. Each cycle consists of 2 meetings. Where at the end of each cycle is evaluated to test the extent to which the outcome of action results. The subjects of this study are students of class VIII B SMP Negeri 1 Kedungwuni. The data obtained are formative test result, student activity observation sheet, observation sheet of teacher activity, and student questionnaire. From the analysis result it can be concluded that students' activity increased from low scale at pre cycle to high scale in cycle I and cycle II. Learning outcomes also increased, pre cycle (69,71), cycle I (74,86), and cycle II (85,3). The conclusion of this research is the application of Think Talk Write (TTW) method of learning can improve the activity and learning outcome of science in grade VIII B students of SMP Negeri 1 Kedungwuni.

Keywords

Activity; learning outcomes; human motion system; Think Talk Write

Full Text:

PDF

References

Aqip, Zainal, 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Asrori, Mohammad, 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2014. Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional SMP, MTs, SMPLB, dan SMK Tahun Pelajaran 2014/2015.

Darsono, 2010. Peran Serta Guru dalam Proses Belajar Siswa. Yogyakarta. Penerbit Gagas Media

Depdiknas, 2006. Kurikulum 2006 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Jakarta.

Diknas, 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 tahun 2014 tentang Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, dan SMK Tahun Pelajaran 2014/2015.

Faqieh, Ansari. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran dalan Proses Pembelajaran. Yogyakarta. Penerbit Kanisius.

Masyitoh, Dewi. Kedungwuni. Silabus Materi IPA Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015.

Masyitoh, Dewi. Kedungwuni. Silabus Materi IPA Kelas VIII Tahun Pelajaran 2015/2016.

Nurmasari, Nina. 2007. Peningkatan Kemampuan Merespon Makna dan Langkah Retorika pada Pembalajaran Membaca melalui Strategi Reciprocal Reading, Jakarta 2008.

Nur Rohman, Agus. 2009. Metode Mengajar Kontemporer. Magelang. Penerbit Lentera Media.

Riyanto, Yatim, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Riyatno, Ahmad. 2008. Buku Pelajaran IPA Kelas VIII. Jakarta. Penerbit Tiga Serangkai

Safitry, Ani. 2009. Belajar dan Proses Pembelajaran Peserta Dididk. Bandung. Penerbit Lentera Media.

Sony Prihantono. 2010. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2008/200. Surakarta.


View Counter: Abstract - 284 and PDF - 128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.