Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inquiri bagi Siswa MI Roudlotul Huda Sekaran Gunungpati

Indi Astutik, Nur Cholid, Muhammad Ahsanul Husna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran Inquiry pada siswa kelas V MI Rudlotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Roudlotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan data dengan metode observasi,wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini diketahui dari data kegiatan pra siklus keaktifan siswa sebesar 47,85%, siklus I keaktifan siswa sebesar 76,22%, sedangkan siklus II meningkat sebesar 90,82%. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu dari data awal atau pra siklus sebesar 37,14%, pada siklus I sebesar 68,57%, dan pada siklus II meningkat sebesar 94,29%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran inquiri sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

The purpose of this study is to describe and know the improvement of science learning achievement through Inquiry learning model in grade V students MI Rudlotul Huda Sekaran Gunungpati Kota Semarang. The research method used is Classroom Action Research. Subjects in this study were students of grade V MI Roudlotul Huda Sekaran Gunungpati Kota Semarang in the academic year 2016/2017. Data collection by observation method, interview, test and documentation. The results showed that there was a significant improvement in learning achievement. It is known from activity data of pre activity cycle of student equal to 47,85%, cycle I student activeness equal to 76,22%, while cycle II increase equal to 90,82%. This is seen from the percentage of learning completeness in classical, ie from preliminary data or pre cycles of 37.14%, in the first cycle of 68.57%, and in the second cycle increased by 94.29%. Thus, the application of inquiri learning model is very effective to improve student achievement.

Keywords

Prestasi Belajar IPA; Model Pembelajaran Inquiri; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References

Almuntasheri, S., R. M. Gillies, T. Wright.(2016).The Effectiveness of a Guided Inquiry-based, Teachers’ Professional Development Programme on Saudi Students’ Understanding of Density, Science Education International, 27(1), 16-39.

Dahar, W.W dan Lilisari. (1986). Buku Materi Pokok Interaksi Belajar Mengajar IPA, Jakarta: Karunia

Depdiknas. (2002). Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan abad ke 21, Jakarta: Depdiknas.

Febriana, M., Al Asy'ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 10-16.

Iskandar, S. M. (1998). Kecenderungan Pembelajaran di sekolah Dasar: Jakarta: Depdikbud

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Walker, C. L., & Shore, B. M. (2015). Understanding classroom roles in inquiry education: Linking role theory and social constructivism to the concept of role diversification. SAGE Open, 5(4), 2158244015607584.

Zhu, G., & Singh, C. (2011). Improving students’ understanding of quantum mechanics via the Stern–Gerlach experiment. American Journal of Physics, 79(5), 499.


View Counter: Abstract - 312 and PDF - 560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.