Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Kelas IIIB MI Roudlotul Huda

Kharisma Alif Zulfa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran Make a match bagi siswa kelas IIIB MI Roudlotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Proses penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar IPA dan tugasnya yang dilihat dari adanya peningkatan nilai tes siswa dan aktivitas belajar siswa. Siswa dikatakan tuntas jika siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 74. Tindakan berhasil jika siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu dari data awal atau pra siklus sebesar 40%, pada siklus I sebesar 65%, dan pada siklus II meningkat sebesar 95%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Make a match efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords

Prestasi Belajar IPA; Model Pembelajaran Make a Match; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. dkk (2014) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aunurrahman (2012) Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin (2014) Pengantar Psikologi Inteligensi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina (2013) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : KENCANA.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2003) Landasan Psikologi Proses Pendidik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2015) Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Trianto (2010) Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarata: Bumi Aksara.

Trianto (2013) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana.

Usman, M. Uzer dan Setiawan, L. (1993) Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yuliawati, Fitri. Dkk. (2012) Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional, Yogyakarta: Pedagogia.


View Counter: Abstract - 495 and PDF - 336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.