Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Pengelolaan Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikian Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kupang

Yanti M Elik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan Pendidikan (X1) dan Proses Pendidikan (X2) terhadap Mutu Pendidikian (Y), baik secara langsung maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 orang guru pada SMK N 4 Kupang. Berdasarkan hasil analisis data variabel Pembiayaan pendidikan (X1) terhadap mutu pendidikan (Y) di SMK N 4 Kupang berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dapat terlihat pada hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,597 dengan tingkat probabilitas (sig) adalah 0,012 jika di bandingkan pada ttabel pada α=0,05, berarti thitung > ttabel dan sig < 0,05 (2,597>2005 dan 0,12<0,05). Berdasarkan hasil olahan data pada jawaban responden, ditemukan bahwa variabel proses pendidikan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (Y). Hasil uji thitung diperoleh sebesar 5,701 dengan probabilitas (sig) 0,000 dibanding dengan ttabel pada α=0,05 diperoleh ttabel 2,005. Hal ini berarti thitung > ttabel dan sig < 0,05 (5,701>2,005 dan 0,000 < 0,05). Hasil uji-t tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pengelolaan pendidikan terhadap mutu pendidikan di SMK N 4 Kupang. Berdasarkan hasil olahan data variabel Pembiayaan pendidikan (X1) dan variabel proses pendidikan (X2) terhadap mutu pendidikan (Y) di SMK N 4 Kupang, Berdasarkan hasil perhitungan uji F diperoleh bahwa Fhitung sebesar 13.687 dengan probabilitas (sig) sebesar 0,000 yang nilainya dibawah 0,05. Jika dikonsultasikan dengan Ftabel pada α= 0,05 df1 = 2 dan df2 25 diperoleh Ftabel sebesar 3,05. Hal ini berarti Fhitung > Ftabel dan sig < 0,05 (13.687>3,05) dan sig (0,000<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu pembiayaan dan proses pendidikan berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap mutu pendidikan di SMK N 4 Kupang.

This study aims to determine the effect of Education Financing (X1) and Education Process (X2) on the Quality of Such (Y), either directly or jointly. The sample in this research is 25 teachers at SMK N 4 Kupang. Based on the result of analysis of variable data of Education Financing (X1) to the quality of education (Y) in SMK N 4 Kupang have positive and significant effect. It can be seen on the result of t-test obtained t count of 2.597 with probability level (sig) is 0,012 if compare at ttable at α = 0,05, mean tcount> ttable and sig <0,05 (2,597> 2005 and 0, 12 <0.05). Based on the results of processed data on respondents' answers, it was found that education process variables (X2) have a positive and significant effect on the quality of education (Y). The result of tcount test obtained is 5,701 with probability (sig) 0.000 compared with ttable at α = 0,05 obtained ttable 2,005. This means thitung> ttable and sig <0,05 (5,701> 2,005 and 0,000 <0,05). The t-test results proved that there is a positive and significant influence between the variables of education management on the quality of education in SMK N 4 Kupang. Based on the results of data processing of education financing variables (X1) and education process variables (X2) on the quality of education (Y) in SMK N 4 Kupang, Based on the results of F test calculation obtained that Fcount of 13.687 with probability (sig) of 0,000 whose value is below 0,05. If consulted with Ftabel on α = 0.05 df1 = 2 and df2 25 obtained Ftable of 3.05. This means Fcount> Ftable and sig <0.05 (13.687> 3.05) and sig (0,000 <0.05). This indicates that all independent variables of financing and education process have significant effect simultaneously on the quality of education in SMK N 4 Kupang.

Keywords

Pembiayaan; Proses dan Mutu Pendidikan; Financing; Process and Quality of Education.

Full Text:

PDF

References

Fattah, N. (2004). Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kurniady, D. A. (2011). Pengelolaan Pembiayaan Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 34.

Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana

Soetrisno dan Johnston, M. (1982). Pengembangan Masyarakat. Surakarta: Penerbit YIS.

Sudadio, S. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Provinsi Banten Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 553-573.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Meditek. 3(2).

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.

Umiarso & Gojali, I. (2010). Manejemen Mutu Sekolah di Era Otonomi pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.


View Counter: Abstract - 791 and PDF - 458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.