Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Siti Aminah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh gambaran pendidikan karakter di Sekolah Dasar dan peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas II (dua), siswa kelas V (lima) Sekolah Dasar, dan guru gelas. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di sekolah dasar belum berjalan dengan optimal. Bimbingan dan konseling sebagai bagian penting dalam pendidikan memiliki peranan yang signifikan dalam menanamkan pendidikan karakter di Sekolah Dasar.

Keywords

Pendidikan Karakter; Sekolah Dasar; Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References

Gladding, S.T. (2009). Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Bersadarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengem-bangan Pendidikan Budaya dan Ka-rakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Koesoma, D. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Lickona. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Book

Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Samani, M dan Hariyanto. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Screenko, L.C. (1997). Values and Character Education Implementation Guide. Georgia Department of Education.


View Counter: Abstract - 500 and PDF - 379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.