Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Gerak Melingkar Dengan Metode Pembelajaran Sepeda Ria Berbantuan Sepeda Bagi Siswa Kelas X MIPA2 SMA Negeri 1 Gemuh

Puji Lestari

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses metode pembelajaran Sepeda Ria Berbantuan Sepeda  dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar dan seberapa besar peningkatan hasil belajar gerak melingkar. Tujuan Penelitian ini adalah untu meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika gerak melingkar dengan menggunakan metode pembelajaran “ Sepeda Ria  Berbantuan Sepeda“ bagi siswa kelas XMIPA2 SMA Negeri I Gemuh Semester I Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XMIPA2  dengan jumlah peserta 36 siswa yang terdiri dari 16 laki – laki dan 20 perempuan pada semester I tahun pelajaran 2018 / 2019. Metode yang digunakan dalam peneliyian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus dan siklus  1 terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, tindakan.obervasi.refleksi dan revisi perencanaan, serta siklus 2 terdiri dari empat tahapan tanpa revisi perencanaan lagi. Data yang diperoleh berupa nilai tes yang terdiri dari nilai kondisi awal, nilai siklus pertama dan nilai siklus ke dua. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komperatif yaitu membandingkan kondisi nilai kondisi awal, nilai siklus pertama dan nilai siklus ke dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik dengan menggunakan model pembelajaran “Sepeda Ria Berbantuan Sepeda “ dapat meningkatkan mitivasi dan hasil belajar fisika gerak lurus pada siswa kelas XMIPA2 SMA Negeri I Gemuh Semester I Tahun Pelajaran 2018 / 2019.

The formulation of the problem in this study is how the process of learning methods for Bicycle Assisted Bike Ria can increase motivation, learning outcomes and how much an increase in learning outcomes in circular motion. The purpose of this study is to increase motivation and learning outcomes of circular motion physics using the learning method "Ria Bike Assisted Bicycles" for class XMIPA2 students of SMA Negeri I Gemuh Semester I in 2018/2019 Academic Year. This study was conducted to students of XMIPA2 with 36 participants students consisting of 16 boys and 20 girls in the first semester of the 2018/2019 school year. The method used in this study was a classroom action research method, consisting of 2 cycles and cycle 1 consisted of five stages, namely planning, action. observation. reflection and revision of planning, and cycle 2 consists of four stages without revision of planning again. The data obtained in the form of test scores consisting of initial conditions, first cycle value and second cycle value. Data analysis was performed using a comparative description analysis that compares the initial condition value, first cycle value and second cycle value. The results showed that theoretically and empirically by using the learning model "Ria Bike Assisted Bicycles" can improve the motivation and learning outcomes of straight motion physics in class XMIPA2 students of SMA Negeri I Gemuh Semester I 2018/2019 Academic Year.

Keywords

Metode pembelajaran “Sepeda Ria Berbantuan Sepeda”; Motivasi dan Hasil Belajar Fisika

Full Text:

PDF

References

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Anwar, H. (2009). Penilaian sikap llmiah dalam pembelajaran sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5).

Darsono, M, (2000), Belajar dan Pembelajaran, Semarang : IKIP Semarang Press

Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Ditjen, Dikdasmen, Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Dan Penilaian Mata Pelajaran Fisika. Jakarta.

Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problembased Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2).

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11-18.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Sarini, P. (2012). Pengaruh Virtual Experiment Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2).

Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, 1(3), 1-19.


View Counter: Abstract - 358 and PDF - 296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.