Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 21 Kota Jambi

Tri Mujayanah, Irma Fadilah

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengetahui sikap tanggung jawab pada mata pelajaran IPA  di SMPN 21 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII B dan VIII D SMPN 21 Kota Jambi tahun pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampelnya dengan menggunakan teknik Total Sampling, yang artinya teknik pengambilan sampel yang jumlah sampelnya sama dengan jumlah populasi. Pada penelitian ini menggunakan variable independen tanpa variabel dependen. Variabel independen yang digunakan yaitu tanggung jawab. Pengambilan data diperoleh dengan menyebarkan angket karakter tanggung jawab dengan metode data statistik deskriptif yang melalui program SPSS. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa karakter tanggung jawab pada pelajarn IPA siswa kelas VIII B dan VIII D SMPN 21 Kota Jambi termasuk dalam kategori baik.

The purpose of this research was to knowing the attitude of responsibility in SMPN 21 Kota Jambi. The population in this research is all student of grade VIII B and VIII D of SMPN 21 Kota Jambi academic year. The research samples were taken by using total sampling technique, which means a sampling technique that has the same amount of samples as the population.  The research using an independent variable without dependency variables. The independent varable us is responsibility. Data is collected obtained by disseminating the character by descriptive statistical data methods through the SPSS programt. Researchers found that the character of responsibility in the class VIII B and VIII D SMPN 21 Kota Jambi is in good category.

Keywords

Character; Responsibility; Science.

Full Text:

PDF

References

Apriani, A dan M.N. Wangid. (2015). Pengaruh Ssp Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia. 3(1), 12-25.

Clemes, H.& Bean, R. (2001). Melatih anak bertanggung jawab. (Terjemahan Anton Adiwiyanto). New York: Penguin Putnam. (buku asli diterbitkan tahun 1978).

Dewi, N.L.L.A.; I.B. Putrayasa.; I.G. Nurjaya. (2014). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Karakter Sekolah di Indonesia. E-jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1), 1-10.

Kemendiknas, (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Koesoemo, A. D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Gramedia.

Putri, A.R., Maison dan Darmaji. (2018). Kerjasama dan Kekompakkan Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XII MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 32-40.

Ramadhani, M.A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28-37.

Sadia, W., B.P. Arnyana dan W. Muderawan. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 209-220.

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widyatiningtyas, R. (2002). Pembentukan Pengetahuan Sains, Teknologi, dan Masyarakat Dalam Pandangan Pendidikan IPA. Educare, 1(1), 29-36

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.


View Counter: Abstract - 595 and PDF - 3754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.