Keefektifan Pembelajaran Menyajikan Teks Eksplanasi Menggunakan Model PBL dan TTW Berbantuan Video Animasi

Fatehatun Nikmah, Rahayu Pristiwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis keefektifan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi bertema fenomena alam pada peserta didik kelas VIII SMP, (2) menganalisis keefektifan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media video animasi bertema fenomena alam pada peserta didik kelas VIII SMP, (3) menganalisis perbedaan keefektifan antara pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media video animasi bertema fenomena alam pada peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Demak. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik probability sampling jenis sampling purposive yaitu kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyajikan teks eksplanasi menggunakan model TTW berbantuan media video animasi bertema fenomena alam lebih efektif dibandingkan menggunakan model PBL.

 

The study aims: (1) to analyze the effectiveness of learning by presenting explanatory text using the Problem Based Learning (PBL) model assisted by animated video with the theme of  natural phenomena in class VIII SMP students, (2) to analyze the effectiveness of learning by presenting explanatory text using Think Talk Write (TTW) model assisted animated video media with the theme of natural phenomena in class VIII SMP students, (3) to analyze the effectiveness difference between learning presenting explanatory texts using Problem Based Learning (PBL) models and learning presenting explanatory text using media assisted Think Talk Write (TTW) models animated videos themed natural phenomena in junior high school of the eighth-grade students. This study used a type of quasi-experimental research with nonequivalent control group design. The population of this study was all of eighth grade students of SMP Negeri 1 Kebonagung Demak. The sample study was selected using a probability sampling technique type of purposive sampling, namely class VIII D as the experimental group 1 and class VIII E as the experimental group 2. The results showed that learning presents explanatory text using the TTW model assisted by animated video media themed natural phenomena more effectively than using PBL models.

Keywords

Pembelajaran Menyajikan Teks Eksplanasi; Model Problem Based Learning; Model Think Talk Write; Video Animasi Bertema Fenomena Alam

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Teknik Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arsana, I. W. (2011). Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V yang memiliki kecerdasan emosional dan gaya belajar yang berbeda di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(13).

Dalman (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Djatmika dan Rachmad Isnanto. (2015). Menulis Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris. Bandung: Pakar Raya.

Maulidiyahwarti, G., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 94-100.

Sabarti, A., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1991). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning Theori: Riset dan Praktis. Bandung. Nusa Media.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sobari, T. (2015). Penerapan Teknik Siklus Belajar Dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional di SMK. Semantik, 1(1).


View Counter: Abstract - 1517 and PDF - 907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.