Motivasi Dan Minat Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SDN 209 Baru II Palangka Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai

Hawise Hawise, Nursalam Nursalam, B Rosleny

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kesimpulan tentang motivasi dan minat belajar IPS serta upaya guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil wawancara dari guru dan peserta didik.  Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi dan minat belajar peserta didik sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran IPS, adanya motivasi dan minat  yang tinggi  maka peserta didik akan mudah memahami pembelajaran. Minat peserta didik akan semakin tinggi apabila peserta didik selalu mendapatkan motivasi ekstrinsik sehingga motivasi intrinsiknya akan semakin kuat dan minat belajarnya semakin tinggi. Motivasi merupakan hal yang paling penting dalam proses pembelajaran, peserta didik yang sering mendapatkan motivasi baik motivasi ekstrinsik maupun intrinsic  akan meningkatkan minatnya dalam belajar karena mereka merasa diperhatikan, dan peserta didik yang kurang mendapatkan dorongan atau motivasi baik motivasi ekstrinsik maupun motivasi intrinsic akan mengakibatkan rendahnya minat belajar peserta didik sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya.

The purpose of this study is to provide conclusions about the motivation and interest in social studies learning as well as the effots of teachers to increase motivation and interest in learning IPS.This study uses a case study approach. The data analyzed is the result of the interview, observation and documentation. Results of interviews from teacher and students.The results of this study concluded that the motivation and interest in learning of students is very influential on the learning process of social studies, the existence of high motivation and interest, so students will easily understand learning. The interest of students will be higher if students always get extrinsic motivation so that their intrinsic motivation will be stronger and their learning interest will be higher. Motivation is the most important thing in the learning process, students who often get motivation both extrinsic and intrinsic motivation will increase their interest in learning because they feel cared for, and students who Lack ancouragement or motivation both extrinsic motivation and intrinsic motivation will result in low interst learn students so that it affects the learning outcomes.

Keywords

motivation; interest in learning; learning IPS

Full Text:

PDF

References

Abror, A.R. (1993). Psikologi Pendidikan, Yogya: Tiara Wacana.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Malayu, S.P.H. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Cetakan 9. PT. Bumi Aksara.

Moleng, L.J. (2010). Metode penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajardan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Gunawan, R. (2011). Tujuan pembelajaran ips sekolah dasar. Dalam http://edutaka.blogspot.co.id/2015/03/pembelajaran-ilmu-pengetahuan-sosial.html?m=1 internet diakses 9 april 2018

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko. T.H. (1992). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Liberti

Hasan, H. (2009). Pembelajaran pendidikan IPS di SD. Dalam http://edutaka.blogspot.co.id/2015/03/pembelajaran-ilmu-pengetahuan-sosial.html?m=1 internet diakses 9 April 2018)

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Kambuaya, C. (2015). Pengaruh motivasi, minat, kedisiplinan dan adaptasi diri terhadap prestasi belajar siswa peserta program afirmasi pendidikan menengah asal papua dan papua barat di kota bandung. SHARE: Social Work Journal, 5(2).

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Purwanto, N. (2010). Prinsip - prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta:PT Remaja Rosdakarya

Mefiani N.I. (2013). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal, Motivasi Belajar, dan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal pendidikan. 5, 855-916

Muhibbin S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakary

Rahardjo, S dan Masturi. (2011) Pemahaman Individu Teknik Nontes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suhartini, D. (2001). Minat Siswa Terhadap Topik Topik Mata Pelajaran Sejarah Dan Beberpa Faktor Yang Melatar Belakanginya. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Sumar, T.W dan Razak, A.I. (2016). Strategi Pembelajran Dan Implementasi Soft Skil. Yogyakarta: Deepublish

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pemeblajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkancana, W. dan Sumartana (1983) Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi

Putri dan Isnadi, G. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Universitas Negri Malang. 1(2)

Yamin, M. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press group.


View Counter: Abstract - 215 and PDF - 489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.