Pembiasaan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sukorejo

Diannita Ayu Kurniasih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan bestpractice pembiasaan menulis buku harian terhadap kemampuan menulis narasi bagi siswa sekolah dasar. Praktik baik ini dilakukan di kelas V SDN 2 Sukorejo. Strategi yang digunakan yaitu dengan melaksanakan pembiasaan menulis buku harian melalui beberapa tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan. Hasil yang diperoleh setelah penerapan strategi ini adalah kemampuan menulis narasi siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan lebih dari 90% siswa kelas V sudah mampu menulis narasi secara runtut. Simpulan dari pelaksanaan strategi ini yaitu penerapan pembiasaan menulis buku harian dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi bagi siswa SD.

The purpose of this study was to describe the application of best practice in the habit of writing a diary to the ability to write narratives for elementary school students. This good practice was carried out in class V SDN 2 Sukorejo. The strategy used is to carry out the habit of writing a diary through several stages consisting of planning, implementation, and development. The results obtained after the implementation of this strategy are the ability to write narrative students increased. This can be proven by more than 90% of fifth grade students able to write narrative coherently. The conclusion from the implementation of this strategy is the application of the habit of writing a diary can improve narrative writing skills for elementary students.

Keywords

diary; narrative writing; Buku Harian; Menulis Narasi

Full Text:

PDF

References

Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 28(3).

Hidayah, W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Harian Siswa Kelas IA Sd N Plebengan Sidomulyo Bantul Tahun 2015/2016. Basic Education, 5(28), 2-713.

Mulyati, Y. (2008). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(2), 318-327.

Sukaesih, S., & Alimah, S. (2012). Penerapan Praktek Pembelajaran Bermakna Berbasis Better Teaching Learning (BTL) Pada Mata Kuliah Microteaching Untuk Mengembangkan Kompetensi Profesional Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(2).

Suparno & M.Yunus, M. (2003). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, D. (1996). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangan. Bandung: Angkasa Tarigan.

Utomo, S.A. (2013). Penerapan Menulis Buku Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SDN Purwantoro I Malang. (DOCTORAL DISSERTATION) Universitas Muhammadiyah Malang.

Yulianingsih (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Media Buku Harian Pada Siswa Kelas VIIB SMP N Gunungwungkal Kabupaten Pati. (DOCTORAL DISSERTATION). Universitas Negeri Semarang.


View Counter: Abstract - 66 and PDF - 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.