Analisis Keselarasan Komponen-Komponen RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Anisha Yuniar Pratiwi, Rahayu Pristiwati, Mukh. Doyin

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Keselarasan Komponen-Komponen RPP Kurikulum 2013 Kelas 1  pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tataran Kebahasaan†ini bertujuan mendeskripsikan keselarasan komponen-komponen dalam RPP meliputi KI, KD, Indikator, Tujuan Pembejaran, materi, model, media, pendekatan, strategi dan penilaian mata pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam tataran kebahasaan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 terfokus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Khairunnisa Trianita. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui teknik telaah dokumentasi dan pengolahan data dengan teknik analisis kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh antara KI, KD, Indikator, Tujuan Pembejaran, materi, media, pendekatan, strategi dan penilaian mata pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam tataran kebahasaan sudah selaras. Ketidakselarasan terdapat pada pemilihan model pembelajaran yang digunakan terhadap materi Bahasa Indonesia yang akan diajarkan.

The study, entitled "Analysis of the Harmony of 2013 Class 1 RPP Components in Indonesian Language Subjects" aims to describe the alignment of components in the RPP including KI, KD, Indicators, Pursuit Objectives, materials, models, media, approaches, strategies and assessment of Indonesian subjects, especially at the language level. The data source in this study is RPP Class 1 Theme 1 Sub Theme 1 Learning 1 is focused on Indonesian subjects developed by Khairunnisa Trianita. The method used is a descriptive method of data collection through the analysis of documentation and data processing techniques with qualitative analysis techniques. The results of data analysis obtained between KI, KD, Indicators, Purposes of pursuit, materials, media, approaches, strategies and assessment of Indonesian subjects especially in the language level are aligned. There is a disharmony in the selection of learning models used in Indonesian language material to be taught.

Keywords

analisis; komponen; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Tatanan Kebahasaan

Full Text:

PDF

References

Aruan, M. A. (2017). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Bangun, T. A. (2016). Analisis kesesuaian antara komponen RPP Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 14 Langsa dan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 4(1), 1-20.

Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019, February). Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 403-409).

Harjono, N. (2012). Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indoensia Kelas V Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Seloka, 1(1).

Indihadi, W. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD. Pedadidaktka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 11-22.

Indriani, K. W. A. (2017). Analisis kualitas perancangan RPP dengan menggunakan kerangka kerja ELPSA pada focused group discussion di kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 25-34.

Kustijono, R., & Wiwin, HM. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1-14.

Mulyasa, H. E. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Prabowo, A., & Juandi, D. (2020). Analisis situasi didaktis dalam pembelajaran matematika berbantuan ICT pada siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 1-12.

Prabowo, A., Suryadi, D., & Dasari, D. (2021, June). Analysis of mathematical didactic situation constructed by prospective teachers based on learning trajectory. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 4, p. 042051). IOP Publishing.

Riana, I. G. A., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) Untuk Implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri 3 Banjar Jawa Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.

Setyawanto, A. (2012). Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sulistyaningrum, S. D. (2011). Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) dan Teknik Reka Cerita Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Kelas III SDN Giritirto II Wonogiri (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ulfah, S. M., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83-91.

Utami, B; Yamtinah, S and Agustina, WES. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik yang Disusun Guru SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (p. 361).

Wati, S. A., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Bahasan Klasifikasi Materi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 693-707.

Winaya, I. K., Suarjana, I. M., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).


View Counter: Abstract - 2900 and PDF - 2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.