Penerapan Metode Resitasi dan Penggunaan Media TIMDES Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membandingkan Berat Benda Bagi Siswa Kelas 1 SD

Rahayu Rahayu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode resitasi dan penggunaan media timdes terhadap peningkatan hasil belajar membandingkan berat benda bagi siswa kelas I SDN 2 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Langkah-langkah setiap siklus meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dan penggunaan media timdes dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan berat bendasiswa kelas I SDN 2 Selokaton Kecamatan  Sukorejo Kabupaten Kendalsemester 1 tahun pelajaran 2014/2015 dari kondisi awal hasil belajar membandingkan berat benda rendah  rata-rata 5,5 menjadi rata- rata hasil belajar membandingkan berat benda 83 pada kondisi akhir.

The purpose of this study was to describe the application of the recitation method and the use of timdes media to improve learning outcomes comparing the weight of objects for grade I students of SDN 2 Selokaton, Sukorejo District, Kendal Regency Semester 2, 2015/2016 academic year. cycle. The steps of each cycle include the following activities: planning, acting, observing and reflecting. Based on the actions taken for 2 cycles, it can be concluded that the application of the recitation method and the use of timdes media can improve learning outcomes comparing the weight of grade I students at SDN 2 Selokaton, Sukorejo District, Kendal Regency semester 1 of the 2014/2015 academic year from the initial conditions of learning outcomes comparing the average low weight of objects, 5.5 being the average of learning outcomes comparing the weight of objects 83 in the final condition.

Keywords

application; recitation method; TIMDES media; learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Bahri, D.S. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Haryono, D. (2008). Matematika 1. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O,. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, A, H,. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhsetyo G,. (2007). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sholeh, M,. (2010). Implementasi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada Materi Penginderaan Jauh. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 7(2).

Sudjana, N,. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Resdakarya.

Suprayekti, (2003). Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susilana R,. (2007). Media Pembelajaran. CV Wacana Prima.

Suryo S,. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Winataputra U.S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unniversitas Terbuka.


View Counter: Abstract - 264 and PDF - 296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.