Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika

Saeful Kamal Joyoleksono, Tri Joko Raharjo, Suratinah Suratinah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gebang pada pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang ada di Gebang Kecamatan Gemuh yang telah menerapkan Kurikulum 2013 yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Gebang, SDN I Cepoko Mulyo, SDN 1 Galih, SDN 1 Gemuhblanten dan SDN 1 Sojomerto masing-masing sebanyak 30 peserta didik dan sampel dari penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Gebang dengan jumlah 30 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan dua tahap, yaitu tahap awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, tahap akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis berpasangan dan uji hipotesis parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020  menunjukan tingkat frekuensi yaitu sebesar 21,52 (sedang) (2). Motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020  menunjukan tingkat frekuensi sedang yaitu sebesar 21,20, (3). Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pretest sebesar 61,3 dan dari tahap posttest sebesar 67,6, hal ini menunjukan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelajaran matematika mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 10,28% (4) Hipotesis “Terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Problem based learning pada pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal,” dapat diterima. (5) Hipotesis “Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal,” dapat diterima.

This research was conducted with the aim of analyzing the effect of the Problem based learning model on the motivation and learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 1 Gebang in learning mathematics. The population of this study were fourth grade elementary school students in Gebang Gemuh District who had implemented the 2013 Curriculum, namely fourth grade students at SDN 1 Gebang, SDN I Cepoko Mulyo, SDN 1 Galih, SDN 1 Gemuhblanten and SDN 1 Sojomerto each as many as 30 students and the sample of this study were fourth grade students at SDN 1 Gebang with a total of 30 students. The data collection technique used questionnaires and observations, while the data analysis technique used two stages, namely the initial stage using validity and reliability testing, the final stage using normality test, paired hypothesis testing and partial hypothesis testing. The results showed that (1). The problem-based learning model for fourth grade students at SDN 1 Gebang, Gemuh District, Kendal Regency, for the 2019/2020 school year shows a frequency level of 21.52 (medium) (2). The learning motivation of fourth grade students at SDN 1 Gebang, Gemuh District, Kendal Regency, for the 2019/2020 school year shows a moderate level of frequency, which is 21.20, (3). The learning outcomes of fourth grade students at SDN 1 Gebang, Gemuh District, Kendal Regency for the 2019/2020 school year showed that the average value of student learning outcomes from the pretest stage was 61.3 and from the posttest stage it was 67.6, this shows that the value of student learning outcomes in mathematics has increased by a percentage of 10.28% (4) The hypothesis "There is an increase in students' motivation and learning outcomes after using the Problem based learning learning model in class IV mathematics at SD Negeri 1 Gebang, Gemuh District, Kendal Regency," can be accepted. (5) The hypothesis "There is a significant effect between the problem based learning model in increasing students' motivation and learning outcomes in class IV mathematics learning at SD Negeri 1 Gebang, Gemuh District, Kendal Regency," can be accepted.

Keywords

Motivasi belajar; Hasil belajar; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References

Ibrahim, M., (2007). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Aaron, N., & Richards, K. (2014). The Relationship among Transformational Teaching and Student Motivation and Learning. The Journal of Effective Teaching, 14(3), 5-20.

Abin, S.M. (2004). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amir, M Taufiq. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group

Anas, (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Andriani, D (2012). Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anni, C.T. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes press.

Arifin. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, A.M. (2015). Statistika Pendidikan. Mataram: Jurusan Pendidikan Matematika FITK IAIN Mataram.

Baharudin, & Wahyuni, E.N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, A. (2005a). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, A.(2005b). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri

Bungin. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainya, Jakarta: Predana Media Group.

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019, February). Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 403-409).

Ferdinand, A. DBA, (2006). Metodologi Penelitian Manajemen, Edisi Ketiga, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Batam: Interaksa.

Gunantara, Gd., Suarjana, Md & Riastini, Pt Nanci (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10.

Hasanah, I. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. (DOCTORAL DISSERTATION). Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hendra, (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III, IV dan V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 129-140.

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Herzon, (2018), Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Universitas Negeri Malang, 3(1), 42-46.

Joyce, B. dan Weil, (2009). Model of Teaching (edisi ke-8, cetakan ke-1). Diterjemahkan oleh Achmad Fuwaid dan Ateila Mirza.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kamdi. (2007). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kurniawan, MW, & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Civics, 14(1), 10-22.

Malik. (2001). Pengertian Discovery Learning. Bandung: Citra Aditya.

Mangkuprawira & Hubies. (2007). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia

Mawardi, M, & Mariati, M. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SD Di Gugus Diponegoro-Tengaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 127-142.

Nafiah, YN, & Wardan, S. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 125-143.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Ndole (2021), Penerapan Problem based learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores. 4(1), 32-41.

Palupi, R., Anitah S., & Budiyono. (2014). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 157-170.

Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). Effect of Problem based learning Model and Motivation Learning on Learning Outcomes in Class X SMA Sinar Husni. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32-37.

Rosnayati. (2015). Penerapan Pembelajaran Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). (DOCTORAL DISSERTATION) Universitas Pasundan. Bandung.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Perss.

Setyani, (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SDN Sari 1 Kelas V Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 28-43.

Siregar, Sofyan. (2011). Stastitika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RnD. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadi, A., & Bain, B. (2013). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Sejarah Sma di Kota Semarang Dalam Kemampuan Pemanfaatan Media Melalui Pelatihan Aplikasi Teknologi Google Earth Dalam Pembelajaran Sejarah. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 11(2), 95-104.

Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia, 1(1), 74-84.

Sutarto dan Syarifudin. (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Syaodih. (2001). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Tayeb, Thamrin. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Auladuna. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48-55.

Tomas dan Prasetyo, (2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem based learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda.) 03(01), 13-21.

Yasa, B. (2018), Pengaruh Model Problem based learning terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Journal of Education Technology. 2(2), 70-75.


View Counter: Abstract - 2830 and PDF - 1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.