PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN OPTIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA OTENTIK

Sri Lestari(1),


(1) SMP Negeri 11 Kota Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika materi Getaran, Gelombang dan Optika melalui penggunaan media otentik bagi siswa kelas VIII B SMP N 11 Semarang semester 2 tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2013 di SMP Negeri 11 Semarang.Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP N 11 Semarang semester 2 tahun pelajaran 2012 / 2013 yang terdiri dari 15 siswa laki laki dan 13 siswa perempuan. Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu: (1) Planing atau merencanakan untuk melakukan tindakan dalam proses pembeljaran, (2) Acting atau melaksanakan tindakan dalam proses pembelajaran, (3) Observing atau mengamati hasil tindakan yang telah dilakukan, dan (4) Reflecting atau menyimpulkan hasil tindakan yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media otentik mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA . Hal ini terbukti pada kondisi awal dengan menggunakan metode demonstrasi kreativitas dan hasil belajar IPA siswa rendah,dengan rata-rata hasil ulangan 57. Pada siklus I dengan menggunakan media otentik dengan kelompok besar , kreativitas dan hasil belajar IPA siswa meningkat menjadi agak tinggi dan hasil ulangannya rata-rata 70,79 . Kemudian pada siklus II pembelajaran dengan menggunakan media otentik dengan kelompok kecil ternyata lebih mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa menjadi tinggi dengan rata-rata hasil ulangan 74,6 . Jadi terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar dari rendah menjadi tinggi dari rata-rata 57 menjadi 74,86 .

The purpose of this study is to improve learning outcomes materials science Physics Vibrations, Waves and Optics through the use of authentic media for students of class VIII SMP N 11 Semarang B 2nd semester academic year 2012 / 2013. The research was conducted in January to the month of May 2013 at the Junior High School 11 Semarang.Subyek were students of class VIII SMP N 11 Semarang B 2nd semester of the school year 2012/2013 consisting of 15 male students and 13 female students. Research methodology used in this study is classroom action research consisted of two cycles and each cycle there are four steps being taken are: (1) Planing or plan to take action in the process pembeljaran, (2) Acting or carrying out actions in the learning process, (3) observing or observe the results of actions taken, and (4) Reflecting or summarize the results of actions taken. The results showed that the implementation of learning using authentic media can improve creativity and learning outcomes IPA. This was evident in the initial conditions using the method of demonstration of creativity and science student learning outcomes is low, with an average of test results 57. In the first cycle by using authentic media with a large group, creativity and increased student learning outcomes IPA be a bit high and the results of a test an average of 70.79. Then in the second cycle of learning using authentic media with a small group turned out to be better able to increase creativity and student learning outcomes to be high with an average of 74.6 test results. So an increase in creativity and learning outcomes from lower to higher than the average 57 to 74.86.

Keywords

The use of authentic media creativity, learning outcomes IPA

Full Text:

PDF

References

Bintek Mata Pelajaran IPA Se Jateng. 2007. Kreativitas belajar IPA. Jurnal Pendidikan Bhakti Utama, jalan surya VI no 9, Jebres Jateng. 10 Maret 2013

Bryce, dkk. 1990, dalam Standar Isi. Ketrampilan Proses. Jakarta 2006 PT Binatama Raya

DES ,Cavendish, at all , 1990, dalam Standar Isi Jakarta 2006 PT Binatam Raya

Depdikbud 1990, dalam standar Isi, Jakarta 2006, PT Binatama Raya

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah 2007 halaman1, dalam Standar Isi Jakarta 2006 PT Binatama Raya

Johnson 2002 halaman 24, dalam Standar Isi Jakarta 2006 PT Binatama Raya

M Ngalim Purwanto, 1988 halaman 85, Evaluasi Pengajaran. Bandung Ramaja Karya,Jurnal Pendidkan Bhakti Utama, Jalan Surya Vino 9 Jebres Jateng, 15 Pebruari 2013

Rezba dkk 1995, dalam Standar Isi.Ketrampilan Proses.Jakarta 2006 PT Binatama Raya

Towle 1989, dalam Standar Isi. Metode Ilmiah . Jakarta 2006 PT Binatama Raya

Piaget , Carin dan Sund 1989, dalam Standar Isi. Jakarta 2006 PT Binatam Raya

Sumaidah Padmodisastro,Maryana 2002:112 Jurnal Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, jalan singosari UtaraIV no 9 Manahan Solo,15 Pebruari 2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Scientia Indonesia



Creative Commons License
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License