PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA NUMBER CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA

Zulaikha Marta Sani(1), Sudarmin Sudarmin(2), Sri Nurhayati(3),


(1) Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA 3 SMA N 9 Semarang melalui pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media Number Card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tipe kolaboratif. Penelitian dilakukan pada tanggal 17 April – 15 Mei 2015. Penelitian dilakukakan dalam tiga siklus. Siklus I terdiri dari enam jam pelajaran, siklus II terdiri dari tujuh jam pelajaran, dan siklus III terdiri dari enam jam pelajaran. Terdapat enam aspek keaktifan yang diamati dalam penelitian ini. Siswa dapat dikatakan aktif apabila minimal empat dari enam aspek yang diamati memperoleh minimal kategori “baik”. Pada siklus I terdapat 85,7% dari jumlah siswa yang sudah dapat dikatakan aktif, sedangkan pada siklus II dan siklus III persentase jumlah siswa yang dapat dikatakan aktif mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media Number Card dapat meningkatakan keaktifan siswa kelas XI IPA 3 SMA N 9 Semarang.

This research aims to increase the activity of class XI IPA 3 SMAN 9 Semarang through Team Game Tournament assisted Number Card learning media. This research is a type of collaborative classroom action. The study was conducted on 17 April - 15 May 2015. The study was conducted in three cycles. The first cycle consists of six hours of lessons, the second cycle consists of seven hours of lessons, and the third cycle consists of six hours of lessons. There are six aspects of the activity observed in this study. Students can be said to be active when at least four of the six aspects of the observed obtains at least "good" category. In the first cycle, terdapat 85,7% of the number of students who can already be said to be active, while in the second cycle and the third cycle the percentage of students who can be said to be active up to 100%. Based on the results of the analysis concluded that Team Game Tournament assisted Number Card learning media can increase the activity of class XI IPA 3 SMAN 9 Semarang.

Keywords

Team Game Tournament, Number Card, the activity.

Full Text:

PDF

References

Anggraini, L., Siroj, R.A. & Putri, R.I.I., 2010. Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). 72-84.

Arturo, G., David, J. & Loreto, M., 2014. Multi-Faceted Impact of a Team Game Tournament on the Ability of the Learners to Engage and Develop Their Own Critical Skill Set. International Journal of Engineering Education, 5(30). 1213-24.

basuki, t., 2013. managemant endidikan berpengaruh pada ekonomi. jurnal pendidikan kimia, 2(1). 1-8.

Guo, M., 2013. Developing Critical Thinking in English Class: Culture-based Knowledge and Skills. Theory and Practice in Language Studies, 3(3). 503-07.

Herman, T., 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1). 22-28.

Hertiavi, M.A., Langlang, H. & Khanafiyah, S., 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4. 53-57.

Hosnan, M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husna, M., Ikhsan & Fatimah, S., 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2).

Kesuma, A.T., 2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, R.E., 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembeljaran Kooperatif Team Game Tournament. Economic Education Analysis Journal, 1(1). 1-7.

Listyawati, M., 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1). 61-70.

Nurhayati, L., Martini, K.S. & Redjeki, T., 2013. Peningkatan Kreativitas Dan Pretasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Crossword. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4). 1-8.

Purnomosari, D., Sukardjo, J.S. & Martini, K.S., 2013. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif tipe TGT (Team Games Tournament) Dilengkapi Kartu Destinasi untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3). 59-66.

Rahayu, I.P., Sudarmin & Sunarto, W., 2012. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Transvisi Untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1). 1093-178.

Sadirman, A.M., 2005. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saminanto, 2011. Ayo Praktik PTK. Semarang: Rasail Media Group.

Santosa, N.B., 2010. Pengembangan Media Pembelajaran. Semarang: Jurusan Kimia UNNES.

Slavin, R.E., 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suci, N.M., 2008. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undhiksa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). 74-86.

Sugiyo, W., Latifah & Abidin, Z., 2008. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dan Penilaian Portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1). 236-43.

Sugiyono, 2011. Metoda Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistyowati, N., Widodo, A.T. & Sumarni, W., 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1). 1-7.

Supardi, K.I. & Putri, I.R., 2010. Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet Pada Model Pembelajaran Creatif Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1). 574-82.

Tyasning, D.M., Haryono & Nurhayati, N.D., 2012. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktvitas dan Hasil Belajar Materi Minyak BUmi pada Siswa Kelas X-4 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1). 26-33.

Udin, S.W., 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ulfah, A., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Ketrampilan Proses Sains Pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(10). 2-10.

Veloo, A. & Sitie, C., 2013. Fostering Students Atitudes and Achievement in Probability Using eam-Games-Tournament. Sintok: University of North Malaysia.

Wiryadi & Ketut, N., 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Kimia dengan Mempertimbangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pascasarjana Undhiksa, 7(1). 28-41.

Wyk, M.M.V., 2011. The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economic Education Students. Faculty of Education, 3(26). 183-93.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Scientia Indonesia



Creative Commons License
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License