PEMBUATAN MEDIA STUDY CARD DAN LEMBAR KERJA SISWA YANG MENGINTEGRASIKAN SOFT SKILLS KONSERVASI BAGI GURU IPA MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Sudarmin Sudarmin(1), Muhamad Taufiq(2), Parmin Parmin(3), Regilita Annisetyas(4),


(1) Jurusan IPA Terpadu, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan IPA Terpadu, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Jurusan IPA Terpadu, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Jurusan IPA Terpadu, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan pengabdian untuk meningkatkan mutu pembelajaran  IPA melalui  penerapan media study card dan lembar kerja siswa yang mengintegrasikan soft skills konservasi. Proses pelatihan terhadap guru-guru anggota MGMP IPA SMP/MTs di Kota Semarang telah dilakukan dan mendapatkan respon positif dari guru-guru untuk mendukung pembelajaran yang lebih aktif, efektif dan bermakna. Pada akhir kegiatan pengabdian guru sasaran telah mendapatkan wawasan yang baik tentang pembuatan dan implementasi media study card dan lembar kerja siswa yang mengintegrasikan soft skills konservasi.

The goal of the public service is to improve the quality of science teaching through the implementation media study card and student worksheet that integrates conservation soft skills. The process of training of teachers MGMP members IPA SMP / MTs in Semarang has been done and get a positive response from teachers to support learning more active, effective and meaningful. At the end of the service activities targeting teachers have gained a good insight about the creation and implementation of media study cards and worksheets that integrate conservation soft skills.

Keywords

media study card, soft skill of concervation

Full Text:

PDF

References

Bondan, D. 2010. Lesson Study di Jurusan Matematika FMIPA UNY. Jurnal Pytagoras. 2(1): 1- 11.

Handoyo, E., dan Tijan. 2011. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud. Hendayana, S. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

Junaedi, I. 2011. Hibah Perluasan Lesson Study Tahun Ketiga di FMIPA Unnes. Laporan Semarang: FMIPA Unnes.

Kamalia Poppy dan Erly Tjahja. 2011. Penilaian Higher Order Thingking Skills Dalam Pembelajaran IPA di SD. Modul Suplemen Program BERMUTU. P4TK IPA Bandung.

Liliasari. 2011. Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangas melalui Pembelajaran. Prociding Seminar Nasional IPA II. ISSN: 978-602-99075-0-6.

Masrukhi. 2012. Membangun Karakter Mahasiswa Berbasis Soft skills konservasi. Simposium Pendidikan dan Kemahasiswaan di Universitas Sebelas Maret. 23 Juni 2012.

Parmin. 2008. Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. Jurnal Varia Pendidikan. 21 (1): 1-11.

Saito, E., Harun, I., Kuboki, I. and Tachibana, H. 2006a. Indonesian Lesson Study in Practice: Case Study of Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Journal of In-service Education. 32 (2): 171-184.

Saito, E., Sumar, H., Harun, I., Ibrohim, Kuboki, I., and Tachibana, H. 2006b. Development of School-Based In-Service Training Under an Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving School. 9 (1): 47-59.

Sukarno. 2008. Pelatihan Guru dalam Pembelajaran. Modul Adaptasi Pembelajaran IPA Efektif di SD/MI. DBE 2 USAID.

Sugiyo. 2011. Pengembangan Karakter Anak melalui Konservasi Moral Sejak Dini. Indonesian Journal of Conservation. 1 (1): sumber: http://journal.unnes.ac.id (diunduh, 2 Januari 2013).

Sumardi. 2009. Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah di Sumedang. Journal PELITA. 1(1): 65-71.

Suryadi Ace. 2007. Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Vol. 8, No. 1 (83-98).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Scientia Indonesia



Creative Commons License
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License