Sistem Monitoring Pada Panel Surya Menggunakan Data Logger Berbasis Atmega 328 Dan Real Time Clock DS1307

Handi Suryawinata(1), Dwi Purwanti(2), Said Sunardiyo(3),


(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Indonesia.
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Indonesia.
(3) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Indonesia.

Abstract

Kinerja panel surya bisa dipantau secara langsung parameternya seperti tegangan dan arusnya. Dari hasil pemantauan tersebut dapat diperoleh informasi apakah pemasangan panel surya sudah sesuai dan menghasilkan daya keluaran yang diharapkan. Namun dalam beberapa penelitian yang ada masih terdapat kekurangan yaitu baik pengukuran arus dan tegangannya masih dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan Multimeter, sehingga data yang diambil belum bisa tercatat secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah membuat Sistem Monitoring Pada Panel Surya Menggunakan Data Logger Berbasis Atmega 328 dan Real Time Clock DS1307. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Monitoring Panel Surya ini dapat mencatat arus, tegangan, suhu serta kelembaban secara real time yang dihasilkan dari hasil kinerja Panel Surya dan kemudian merekamnya dalam bentuk TXT file setiap 15 menit sekali ke dalam Micro SD.

Full Text:

PDF

References

Sudradjat, A. 2007. Sistem-sistem pembangkit listrik tenaga surya: Desain sistem, cara kerja, pengoperasian dan perawatan. Edisi Pertama. BPPT-Press. Jakarta.

Fachri, M. R., I. D. Sara, dan Y. Away. 2015. Pemantauan Parameter Panel surya Berbasis Arduino secara Real Time. Jurnal Elektrika 11(4): 123-128.

Dewi, A. Y., dan Antonov. 2013. Pemanfaatan Energi Surya Sebagai Suplai Cadangan Pada Laboratorium Elektro Dasar Di Institut Teknologi Padang. Jurnal Teknik Elektro 2(3): 20-28.

Dasatrio, Y. 2015. Dasar-dasar Teknik Elektronika. Cetakan Pertama. Javalitera. Jogjakarta.

Susanto, H. 2013. Perancangan Sistem Telemetri Wireless Untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATmega328P dan XBee Pro. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang.

Zulfikar, Zulhelmi, dan K. Amri. 2016. Desain Sistem Kontrol Penyalaan Lampu dan Perangkat Elektronik Untuk Meniru Keberadaan Penghuni Rumah. Jurnal Nasional Teknik Elektro 5(1): 56-63.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Pinayung. 2015. Pengembangan Website Konsultasi Bimbingan Konseling Berbasis PHP dan MYSQL di SMA Negeri 1 Gamping. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Yogyakarta.

Bolton, W. (2006). Sistem instrumentasi dan sistem kontrol. Jakarta: Erlangga.

Mukmin. A. B. A. K. A., dan H. Cordova. 2013. Rancang Bangun Sistem Prediksi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Secara Mobile Berbasis Logika Fuzzy di PT. GMN Tuban Jawa Timur. Jurnal Teknik Pomsits 2(1): 1 – 6.

Lakitan, B. 2002. Dasar Klimatologi. Edisi Pertama. Raja Grafindo. Jakarta.

Jamaluddin, A., A. N. Aini., E. Adhitama., A. Purwanto. 2016. Assessment of LiFePO4 Battery Performance in Stand Alone Photovoltaic Street Light System. Procedia Engineering. 170 (2017): 503 – 508.

Rusman. 2015. Pengaruh Variasi Beban Terhadap Efisiensi Solar Cell dengan Kapasitas 50WP. Jurnal T. Mesin Univ. Muhammadiyah Metro. 4(2): 84-90.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.