Pengaruh Penambahan Kapasitor Terhadap Tegangan, Arus, Faktor Daya, dan Daya Aktif pada Beban Listrik di Minimarket

Fachry Azharuddin Noor, Henry Ananta, Said Sunardiyo

Abstract


Pemasangan kapasitor daya dalam jaringan listrik merupakan pemasangan kapasitor secara pararel pada suatu intalasi listrik dengan harapan dapat menaikkan efisiensi faktor daya (cosphi). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan kapasitor daya pada beban-beban induktif yang ada pada minimarket terhadap kualitas listrik yang dipakai. Metode yang dipakai adalah metode eksperimen dengan tujuan mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan (dalam hal ini pengukuran). Skenario penelitian yang dilakukan dengan melakukan rancangan kapasitor daya, menentukan titik beban pemasangan kapasitor daya dengan 3 beban listrik yakni freezer, showcase, dan kipas angin. Selanjutnya setelah pemasangan kapasitor daya adalah pengukuran parameter kelistrikan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan kapasitor daya menimbulkan pengaruh terhadap beban listrik. Pengaruh tertinggi didapatkan dari penambahan kapasitor terhadap beban showcase. Penambahan kapasitor yang terpasang pada beban listrik minimarket terbukti berpengaruh terhadap arus dan faktor daya beban listrik. Semakin tepat nilai kapasitor yang ditambahkan maka semakin tinggi nilai faktor daya beban listrik mendekati angka 1.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Mentri Energi Sumber Daya dan Mineral No. 28 Tahun 2016. Tarif Tenaga Listrik. Jakarta.

Bhattacharyya, S., A. Choudhury, dan H.R. Jariwala. 2011. Case Study On Power Factor Improvement. International Journal of Engineering Science and Technology (IJEST) 3(12): 8372-8378.

Harpawi, N. 2010. Analisis Pengaruh Pemasangan Mini Capacitor Bank Terhadap Kualitas Listrik Rumah Tangga Serta Perancangan Filter Aktif Menggunakan Kontroller Pi Sebagai Pelindung Kapasitor Dari Harmonisa. Tugas Akhir program S1 Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Prasetyo, M.T. dan L. Assefat. 2010. Efektifitas Pemasangan Kapasitor Sebagai Metode Alternatif Penghemat Energi Listrik. Jurnal Media Elektrika 3(2):2-32.

Nuraeni, R. Dan C. A. Selan. 2013. Dasar Pengukuran Listrik 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Morris, Noel M. 1998. Aplikasi Listrik dan Elektronika. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Mentri Energi Sumber Daya dan Mineral No. 4 Tahun 2009. Aturan Distribusi Tenaga Listrik. Jakarta.

Tumanggor, I. 2009. Analisis Pengaruh Pemakaian Kapasitor Terhadap Kerja KWH Meter Induksi. Tugas Akhir. Program S1 Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v9i2.11358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.