ALAT PENCEGAH KEBAKARAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 PADA BOX PANEL KONTROL LISTRIK

- Alfalah, Thomas Sri Widodo

Abstract



Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan berbagai aktivitas dari hal yang mudah sampai hal yang rumit. Sistem pengendalian semakin berperan penting dalam membantu kehidupan manusia         sehari - hari. Salah satu sistem pengendali yang banyak diminati adalah mikrokontroller.
Pembuatan alat pencegah kebakaran dilatarbelakangi oleh kebakaran yang banyak disebabkan oleh listrik karena hubung singkat, kabel – kabel yang terbakar karena isolator kurang bagus dan mcb yang terbakar karena kelebihan beban yang terdapat pada box panel listrik.
Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana cara membuat alat dengan memanfaatkan mikrokontroler AT89S51 dan peralatan elektronik lainnya yang dibutuhkan dan dapat diprogram sesuai keinginan.
Sistem pengaman ini terdiri dari: sensor suhu(LM35DZ), sensor cahaya (LDR), ADC sebagai inputan. Sistem mikrokontroler AT89S51 sebagai central processing unit dan tujuh segmen serta relay sebagai outputan sistem. Sistem kendali yang digunakan adalah kendali on of. Prinsip kerja dari alat ini jika mendeteksi cahaya yang dihasilkan dari percikan api/api (sensor cahaya) atau suhu yang panas (sensor suhu) maka akan memutuskan jaringan listrik tiga fase secara otomatis dan alarm sebagai tanda adanya bahaya bagi operator atau petugas serta kipas untuk memadamkan api.
Kesimpulan yang didapat bahwa alat pencegah kebakaran pada box panel dapat digunakan untuk menghindari terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh listrik pada box panel dan diharapkan tingkat kebakaran dapat dikurangi.


Full Text:

PDF

References


Christanto, Danny; Pusporini, Kris. 2004. Panduan Dasar Mikrokontroler Keluarga MCS-51. Surabaya : Innovative Electronic.

Ibrahim, KF.1991. Teknik Digital. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Malvino, Albert Paul. 2003. Buku Satu Prinsip-Prinsip Elektronika. Jakarta : Salemba Teknika.

Nalwan, Paulus Andi. 2003. Panduan Praktis Teknik Antar Muka dan Pemrograman Mikrokontroler AT89C51. Jakarta : Elex Media Komputindo Gramedia.

Nalwan, Paulus Andi. 2004. Panduan Praktis Penggunaan dan Antarmuka Modul LCD M1632. Jakarta : Elex Media Komputindo Gramedia.

Putra, Agfianto Eko. 2002. Belajar mikrokontroler AT89C51/52/55 (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Gava Media.

Setiawan, Sulhan. 2006. Mudah dan Menyenangkan Belajar Mikrokontroler. Yogyakarta : Andi Offset.

Wasito, S. 2001. Vademikum Elektronika Edisi Kedua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.