MODEL SISTEM INFORMASI PARIWISATA KOTA SEMARANG BERBASIS SIG

Meta Setyaningrum, Said Sunardiyo

Abstract


Perkembangan pariwisata di Jawa Tengah khususnya di kota Semarang menjadi ikon daerah ini, sentuhan teknologi informasi menjadi sebuah bidang yang dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu daerah wisata. Guna mendukung kepariwisataan Kota Semarang maka dilakukan penelitian pengembangan model sistem informasi yang dapat menampilkan data geografis tentang tempat wisata yang ada di Kota Semarang. Sistem tersebut adalah Sistem Informasi Pariwisata Kota Semarang berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sistem Informasi Geografis (SIG) Pariwisata Kota Semarang ini memiliki conten (isi) tentang tempat wisata, hotel serta restoran yang dijadikankan dalam bentuk digital dan diaplikasikan dalam penggunaan komputer. Pengaplikasiaan dalam komputer dengan cara mendigitasi Peta. Peta didigitasi pada Auto CAD 2004 yang kemudian diolah lebih lanjut pada Arc View GIS 3.3 untuk dijadikan sebuah peta lengkap dengan keterangan tabel dan gambar.

Tampilan peta utuh berisi jalan utama, jalan kecil, arteri primer, arteri sekunder dan sungai. Tampilan peta akan disesuaikan dengan permintaan user. 




DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v3i2.3531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.