REKAYASA PENGUKURAN ENERGI LISTRIK BERSUMBER DARI ENERGI MATAHARI DI LINGKUNGAN KAMPUS KONSERVASI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Djoko Adi Widodo, Suryono Suryono

Abstract


Sel surya merupakan kandidat utama untuk memperoleh energi dari matahari karena sel surya dapat merubah cahaya matahari menjadi energi listrik dengan nilai efisiensi konversi yang tinggi dan bebas polusi. Penelitian ini bertujuan melakukan rekayasa pengukuran energi listrik bersumber dari energi matahari agar dapat digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai potensi energi listrik bersumber matahari di wilayah Kampus Konservasi Unnes.

Modul rekayasa pengukuran energi listrik bersumber energi matahari yang dihasilkan dari penelitian memiliki kapasitas mengukur besaran listrik berupa arus dan tegangan listrik. Arus dan tegangan listrik bersumber dari matahari yang terdeteksi dan terukur diketahui sebanding dengan intensitas sinar matahari yang menyinari permukaan sel surya.

Unjuk kerja modul rekayasa disarankan agar dapat dikembangkan lagi melalui riset serupa. Pertama, dilengkapi dengan tampilan numerik dan grafis daya listrik, energi listrik, intensitas sinar matahari dan ploting besaran energi. Kedua, pengembangan teknologi media untuk merekam hasil pengukuran dan pemonitoran besaran listrik dari energi matahari. Media perekaman bisa diseting realtime dalam satu hari, satu minggu atau bahkan satu bulan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.