Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT PLN (Persero) Area Pengatur Distribusi Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta dalam Upaya Peningkatan Mutu dan Produktivitas Kerja Karyawan

Muhammad Salafudin(1), Henry Ananta(2), Subiyanto Subiyanto(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak— PT PLN (Persero) Distribusi Area Manager Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dalam upaya untuk menjadi manajer distribusi listrik yang memiliki keandalan kelas dunia harus memperhatikan keselamatan karyawan dan kenyamanan ketika mereka bekerja. Yaitu dengan memberikan perlindungan dan jaminan kerja keselamatan dan kesehatan bagi karyawan. Perlindungan ini bertujuan untuk melindungi hak-hak dasar karyawan dan untuk memastikan pekerjaan dan perlakuan yang sama tanpa diskriminasi atas dasar apapun untuk menciptakan kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini membahas tiga masalah utama termasuk apa seperti penerapan Sistem Manajemen K3, seberapa besar tingkat kesadaran karyawan terhadap penerapan K3, dan apakah aplikasi tersebut memiliki dampak atau implikasi signifikan terhadap kualitas dan Produktivitas Kerja PT PLN (Persero) Distribusi Area Manager Karyawan dari Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis pendekatan deskriptif, itu adalah penelitian yang menggambarkan keseluruhan masalah obyek yang ada dan kemudian disimpulkan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Area Manager Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan juga menjadi sumber atau informan. Pengumpulan data teknik dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, check list, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan sistem Manajemen K3 di PT PLN (Persero) Distribusi Area Manager Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan jumlah keputusan menteri PER 05/MEN/1996. Namun pelaksanaannya masih perlu ditingkatkan, terutama dalam pemeriksaan dan tahap evaluasi. Tingkat 'kesadaran terhadap K3 relatif tinggi, hal itu dibuktikan oleh karyawan karyawan pengetahuan tentang K3 sangat baik, mereka juga memperhatikan dan menerapkan Standard Operating System (SOP) dalam setiap pekerjaan mereka. Karyawan tahu risiko dan manfaat untuk diri sendiri atau perusahaan mereka jika mereka bekerja tidak sesuai yang ada K3. Yang penting adalah penerapan K3 memberikan dampak atau implikasi yang signifikan terhadap kualitas dan produktivitas kerja karyawan, meskipun valuasi Sistem Manajemen K3 di sini hanya mencapai 55%.

Keywords— PT PLN (Persero), Employees, Management System of K3.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.