Pembuatan Alat Peraga Lemari Pendingin Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Teknik Pendingin di Universitas Negeri Semarang

Dita Yustiasri Yustiasri

Abstract


Abstrak Media pembelajaran merupakan segala fisik yang menyajikan pesan serta perangsang peserta didikuntuk belajar, sehingga keberadaan media pembelajaran penting untuk membantu dalam proses belajarmengajar. Alat peraga adalah salah satu media pembelajaran, dengan memanfaatkan alat peraga prosespembelajaran akan dapat mempermudah dalam memahami materi yang dipelajari oleh mahasiswa, karenaditampilkan dalam bentuk nyata. Teknik Pendingin adalah salah satu mata kuliah yang ada pada ProdiPendidikan Teknik Elektro. Permasalahannya apakah alat peraga lemari pendingin layak sebagai mediapembelajaran pada mata kuliah Teknik Pendingin jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.Untuk itu perlu diadakan penelitian untuk mengetahui apakah alat peraga lemari pendingin ini layak untukdignakan sebagai media pembelajaran. Data dikumpulkan dengan metode angket tertutup maupun terbuka.Alat peraga lemari pendingin ini diujicoba oleh dosen ahli materi teknik pendingin. Metode analisis yangdigunakan adalah metode analisis statistik deskriptif. Menurut hasil penelitian dari responden secarakeseluruhan, alat peraga lemari pendingin pada mata kuliah Teknik Pendingin ini layak digunakan sebagaimedia pembelajaran. Dosen ahli materi mengemukakan alat peraga ini layak dijadikan alat peraga setelahadanya revisi alat. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa menurutmahasiswa media pembelajaran yang berupa alat peraga lemari pendingin pada mata kuliah TeknikPendingin diwujudkan dengan menyusun prosedur kerja dengan langkah-langkah sebagai berikut:perencanaan alat peraga, penyediaan alat dan bahan, pembuatan alat peraga, validasi alat peraga, uji cobaalat peraga, dan evaluasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan kepada mahasiswa dengan beberapaaspek, alat peraga lemari pendingin ini termasuk dalam kategori layak, sehingga alat peraga ini dapatdigunakan sebagai media pembelajaran. Namun masih terdapat kekurangan pada bahan penutup yangdugunakan seharusnya tidak menggunakan kaca agar tidah mudah pecah, dan jika menggunakan kaca suhuyang ada di dalam lemari pendingin masih dapat terpengaruh oleh suhu udara luar.

Kata kunci Media Pembelajaran, teknik pendingin, universitas negeri semarang, alat peraga, lemari pendingin


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v6i1.3568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.