Game Edukasi Pengenalan Warna Sebagai Media- Pembelajaran Anak Usia Prasekolah Berbasis Android

Rima Ariona N.A

Abstract


Abstrak -Perkembangan teknologi yang sangat pesat secara perlahan hadir di dunia pendidikan. Gameedukasi merupakan bentuk dari multimedia yang mengemas program pembelajaran berwujud game, jadi disamping bersifat permainan, juga bersifat mendidik. Penelitian game edukasi pengenalan warna sebagaimedia pembelajaran berbasis Android dilaksanakan di TK Roudlotul Huda Sekaran, Gunungpati, Semarangmenggunakan observasi sedangkan validitas game edukasi pengenalan warna sebagai media pembelajaran inidiuji berdasarkan lima kriteria, yaitu kriteria kebahasaan, kriteria keterlaksanaan, kriteria tampilan audiovisual, kriteria rekayasa perangkat lunak, dan kriteria pendidikan menggunakan angket. Uji validitas mediadilakukan di Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kemendikbud Semarang dan dua DosenMultimedia jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, serta empat orang guru di TK RoudlotulHuda Sekaran. Hasil penelitian uji validitas menunjukkan bahwa game edukasi pengenalan warna sebagaimedia pembelajaran anak usia prasekolah berbasis android, termasuk dalam kategori sangat layak denganprosentase 89,50%. Sementara itu, untuk kriteria pendidikan termasuk kategori layak dengan prosentase74,00%. Hasil uji coba menggunakan observasi dari implementasi game edukasi pengenalan warnamenunjukkan bahwa game edukasi mampu membangkitkan kreativitas dan aktivitas peserta didik denganprosentase rata-rata sebesar 84,95% dan 79,24%. Secara keseluruhan, game edukasi pengenalan warnasebagai media pembelajaran anak usia prasekolah berbasis Android valid digunakan sebagai mediapembelajaran dan berpengaruh positif terhadap kreativitas dan aktivitas siswa dalam mempelajari Warna.


Kata kunci game edukasi, media pembelajaran, android


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v6i1.3573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.